Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

7 Cara Membuat Pekerjaan Selesai Lebih Banyak Setiap Hari

Jika kita berbicara bagaimana cara membuat pekerjaan selesai lebih banyak setiap hari, artinya kita akan membahas apa saja yang dilakukan oleh orang-orang sukses yang belum dilakukan oleh orang-orang yang belum sukses.

Apakah kita pernah melihat sebagian orang tetap bisa hidup dan bekerja dengan teratur dan seimbang serta mencapai hasil yang diharapkan walaupun memiliki banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya, sementara sebagian orang lain terlihat sangat sibuk namun pada akhirnya tidak ada hasil berarti yang dapat dicapai?


7 Cara Membuat Pekerjaan Selesai

Setiap orang memang memiliki keunikan tersendiri, namun saat berhadapan dengan pekerjaan dan target yang harus dicapai, keunikan tersebut hanya menyentuh pada sisi kreatifitas yang menunjang penyelesaian pekerjaan.

Selebihnya kita yang harus beradaptasi dengan menyesuaikan kemampuan kita dengan pekerjaan dan target yang harus dicapai. Tidak ada alasan yang dapat digunakan dengan membawa-bawa keunikan yang dimiliki oleh setiap orang dan tidak ada perlakuan ekslusif atas keunikan tersebut yang menjadi alasan sebuah kegagalan.

Contohnya jika kita seorang karyawan kantoran yang diberikan sederet pekerjaan yang harus diselesaikan oleh bos kita. Apakah bisa kita memilih hanya pekerjaan yang sesuai dengan keunikan kita saja yang dikerjakan, sementara pekerjaan yang tidak sesuai tidak mau kita kerjakan? Tentu tidak, bukan?

Tidak ada orang sukses yang berlaku “semau-mau gue” di dunia ini. Bahkan seorang pengusaha sukses pun harus bisa beradaptasi terhadap keinginan konsumennya, karena hanya hal itu yang dapat menghasilkan bisnis.


Itu kenapa muncul beberapa bidang pekerjaan yang berkaitan dengan survey konsumen dan penelitian pasar yang membantu para pebisnis membuat produk, jasa, dan atau peluang bisnis yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan pasar.

Rahasia Orang-orang Sukses yang belum dilakukan oleh Orang-orang yang Belum Sukses adalah Kemampuan Mengatur Waktu atau sering kita sebut dengan Manajemen Waktu.
Di dunia ini kita bisa menemukan banyak orang kreatif, banyak orang pintar secara ilmu dan pengetahuan, banyak orang-orang yang memiliki ide-ide cemerlang, dan banyak orang yang memiliki etos kerja sebagai pekerja keras. 

Namun semua itu tidak ada artinya jika kita tidak memiliki sistem kerja yang tepat, karena setiap tujuan yang akan dicapai itu selalu memiliki batas waktu, yang mana menuntut kita menyelesaikan lebih cepat dan lebih banyak pekerjaan setiap harinya.

Jika kita tidak memiliki sistem kerja yang tepat, maka tidak lain dan tidak bukan yang akan kita raih hanyalah kegagalan. Maka tidak heran kalau kita sering membaca atau mendengar nasehat seperti “Bekerja keras harus dibarengi dengan bekerja cerdas”.

Sistem kerja yang kita bicarakan disini salah satunya adalah manajemen waktu tersebut. Beban kerja sama banyaknya, alat bantu kerja yang digunakan sama lengkapnya, namun yang berbeda adalah hasil yang dicapainya. Dan hasil ini yang membedakan orang-orang sukses dengan orang-orang yang belum sukses.

Berikut ini adalah 7 cara membuat pekerjaan selesai lebih banyak setiap harinya:

1. Buat Buku Kumpulan Impian (Dream Book).
Sebuah kesuksesan berawal dari sebuah impian. Impian membuat hidup kita memiliki makna dan tujuan. Sebuah impian yang ditambahkan batas waktu akan menjadi sebuah target atau tujuan.


Isilah buku kumpulan impian kita tersebut dengan impian-impian yang ingin kita wujudkan dalam kehidupan kita beserta target pencapaiannya, dan klasifikasikan berdasarkan target jangka pendek dan jangka panjang.

Salah satu cara agar kita dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien adalah dengan mengetahui apa yang menjadi tujuan kita, sehingga dengan demikian kita hanya akan memfokuskan energi, waktu, dan fokus kita kearah dimana tujuan kita berada.


Segala apapun yang kita kerjakan setiap hari haruslah selalu terarah dan memiliki tujuan untuk membawa kita lebih dekat ke tujuan hidup kita.

Sebuah tujuan hidup yang berawal dari impian itulah yang akan selalu mengobarkan semangat, menghidupkan harapan,  dan memberi motivasi di dalam diri kita, sehingga kita akan selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan, dan tentunya selalu berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan demi pekerjaan lebih cepat.

 

2. Buat Daftar Pekerjaan.
Mengingat adalah suatu pekerjaan yang sulit jika hal-hal yang perlu diingat ada banyak sekali. Kadang kita merasa bisa mengingat semua hal dan tidak perlu mencatatnya, padahal dalam kenyataannya mengingat segala hal akan membuat energi, fokus, dan waktu kita terkuras lebih banyak.


Untuk menghindarinya terbuang percuma, maka siapkanlah catatan-catatan untuk hal-hal yang sulit untuk kita ingat terus setiap saat. Buatlah daftar tentang pekerjaan-pekerjaan apa saja yang harus kita lakukan dalam bulan tersebut berdasarkan dari tujuan yang kita ingin capai menurut target jangka pendek dan jangka panjang.

Lalu klasifikasikan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang harus selesai pada minggu pertama, kedua, dan seterusnya. Klasifikasikan kembali pekerjaan-pekerjaan apa saja yang harus dilakukan pada setiap harinya di dalam setiap minggu tersebut. Lalu perkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masing-masing pekerjaan tersebut.

 

3. Buat Agenda Kerja.
Jika pada saat memulai hari untuk bekerja saja kita sudah dihadapkan dengan kebingungan, seperti tidak tahu apa yang harus dilakukan lebih dulu dan kapan harus menyelesaikannya, maka pastinya kita akan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita pada hari tersebut.

Setelah membuat daftar pekerjaan, maka buatlah agenda kerja kita dengan memasukkan daftar pekerjaan yang sudah kita buat ke dalam alokasi waktu yang tersedia setiap harinya.


Buatlah alokasi-alokasi waktu dalam hari tersebut untuk masing-masing pekerjaan berdasarkan prioritas dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga nantinya akan terlihat berapa banyak waktu dalam satu hari yang sudah kita alokasikan untuk bekerja dan berapa banyak waktu yang masih belum memiliki alokasi.

Jika sekiranya alokasi waktu untuk bekerja pada hari tersebut terlihat terlalu banyak, maka evaluasi kembali apakah waktu penyelesaian pekerjaan tersebut dapat kita persingkat, atau adakah pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan bersamaan sehingga dapat mengurangi waktu menunggu, atau adakah pekerjaan-pekerjaan yang masih bisa kita tunda ke hari berikutnya tanpa mengganggu kecepatan kita dalam mencapai tujuan, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan cadangan waktu jika terjadi hal-hal yang di luar kontrol kita.

 

4. Hindari Gangguan Bekerja.
Gangguan dalam bekerja bisa menyerap energi, waktu, dan fokus yang seharusnya bisa kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Khususnya fokus yang menjadi buyar karena terganggu, membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit untuk membuat kita kembali lagi pada level fokus yang sama, yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan.

Gangguan yang paling umum terjadi berasal dari alat komunikasi kita yang terhubung dengan media sosial.


Kecuali memang pekerjaan kita mengharuskan kita untuk bekerja secara langsung menggunakan media sosial, maka alokasikanlah waktu-waktu khusus dimana kita bisa menggunakan media sosial tersebut, seperti waktu-waktu jeda 10-15 menit diantara setelah menyelesaikan pekerjaan sebelumnya dan akan memulai pekerjaan selanjutnya.

Yang penting pada saat kita sedang fokus pada apa yang kita kerjakan, jangan sampai hal-hal di sekeliling kita yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang kita sedang kerjakan mengganggu konsentrasi kita atau bahkan sampai mengambil alokasi waktu dari pekerjaan tersebut.

 

5. Buat Buku Kumpulan Ide.
Kita tidak akan pernah tahu kapan ide-ide cemerlang kita akan muncul di pikiran kita. Kadang mungkin saat kita di kamar mandi, kadang saat kita sedang melihat sesuatu dijalan, atau terkadang saat terbangun di tengah malam.


Saat terbaik untuk menulis ide-ide kita adalah saat ide tersebut muncul pertama kali di pikiran kita.

Memang bisa saja kita mengalokasikan waktu untuk mencari ide-ide tersebut, namun dari pengalaman hal itu jauh lebih sulit dan kadang tidak secemerlang ide-ide yang begitu saja muncul di pikiran kita di waktu-waktu saat kita tidak sedang bekerja.


Maka dari itu, idealnya buku kumpulan ide kita ini harus bersama kita terus sepanjang waktu, atau paling tidak siapkan catatan berupa buku saku atau aplikasi di gadget kita untuk mencatat ide kita disaat ide-ide tersebut muncul. 

Dengan mencatat ide-ide kita ini, akan menghemat waktu kita pada saat kita akan memulai sebuah proyek dari salah satu impian kita yang terkait dengan ide kita tersebut.



6. Pilih Mentor yang Tepat.
Tidak semua orang memiliki kapasitas dan menjadi orang yang tepat dalam memberi nasihat dalam perjalanan hidup kita menjemput impian. Sebelum kita memutuskan menerima nasihatnya, ada baiknya kita mempelajari dulu latar belakang mereka, apakah mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan apa yang kita butuhkan, dan  apakah mereka memang terbukti sukses di area dimana mereka memberi nasihat pada kita.

Jika kita ingin berbisnis, maka pilihlah mentor yang merupakan seorang pebisnis sukses di industri yang relevan dengan bisnis yang sedang kita jalankan.


Fungsi mentor adalah memberi panduan kepada kita bagaimana melakukan pekerjaan kita dengan tepat dan benar, sehingga kita bisa menghemat sebagian besar waktu dan biaya yang timbul akibat membuat kesalahan-kesalahan yang kita buat, karena tentunya mereka sudah menemui kesalahan-keslaahan tersebut lebih dulu dalam pengalaman mereka.

Saat kita ingin menjadikan seseorang menjadi mentor, bicaralah pada orang tersebut, dan kemukakan maksud dan tujuan kita untuk menjadikan orang tersebut sebagai mentor dalam bisnis dan pekerjaan yang sedang kita jalankan. Dan tanyakan kesediaan orang tersebut untuk menjadi mentor kita.

 

7. Buang Emosi, Fokus pada Tindakan.
Emosi adalah musuh terbesar yang berada dalam diri seseorang. Emosi dapat menguasai diri kita dalam sekejap. Emosi dapat menguasai pikiran kita dan menguasai tindakan apa saja yang akan kita lakukan.


Sebagian besar tindakan yang dikuasai oleh emosi tidak pernah ada yang menghasilkan hasil yang positif, yang berguna bagi kita dalam mencapai tujuan kita.

Dalam proses mencapai tujuan kita, akan banyak sekali rintangan dan hambatan yang berasal dari luar diri kita yang bisa mempengaruhi emosi yang berada dalam diri kita. Jadi sangatlah penting artinya untuk membuang emosi kita jauh-jauh dan lebih fokus kepada tindakan-tindakan yang perlu kita ambil. 


Membiarkan emosi menguasai diri kita sama juga membiarkan kita menunda pencapaian tujuan kita.

Emosi akan berpengaruh besar terhadap logika berpikir dan semangat kita menyelesaikan suatu pekerjaan, karena semua energi, waktu, dan fokus kita akan habis terpakai hanya untuk memuaskan sensasi emosi tersebut yang tidak memberikan nilai tambah sedikitpun dalam proses pencapaian tujuan kita.

Maka dari itu, kita harus tetap fokus agar berhasil mencapai tujuan kita. Jangan pernah membiarkan emosi kita menghalangi jalan kita dan memperlambat proses kita dalam mencapai tujuan.

Memutuskan untuk tetap melakukan hal-hal yang perlu kita lakukan pada saat kita tidak memiliki keinginan untuk melakukannya adalah suatu keputusan dan tindakan yang selalu dilakukan oleh orang-orang sukses, yang belum berhasil diterapkan oleh orang-orang yang belum sukses. Mental sukses yang membedakan keduanya.

Setiap orang di dunia ini memiliki waktu yang sama, 1 hari adalah 24 jam. Yang membedakan adalah bagaimana setiap orang memanfaatkan waktu yang tersedia ini untuk mewujudkan impiannya dan mencapai tujuan hidupnya. 

Tuhan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap orang, namun tergantung kita bagaimana memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meraih kesuksesan kita.

Demikianlah 7 cara membuat pekerjaan selesai lebih banyak setiap hari yang bisa saya bagi disini. Mudah-mudahan bisa berguna dan diterapkan oleh teman-teman dalam mempercepat proses pencapaian tujuan.

 
Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip