Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

10 Sudut Pandang Pengusaha Sukses


Sudut Pandang Pengusaha Sukses adalah salah satu hal yang membedakan antara pengusaha sukses dengan yang belum sukses. Pengusaha atau Pebisnis itu adalah orang-orang yang memiliki pemikiran dan tindakan yang berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya. Pengusaha sukses itu bukanlah orang-orang yang hanya bermodal nekat untuk berhenti menjadi karyawan dan memulai bisnis dengan pemikiran akan menjadi boss diri sendiri, dan bisnisnya akan membuatnya cepat kaya seperti pemilik perusahaan tempat dulu dirinya bekerja. Modal paling penting dari seorang pengusaha sukses itu adalah pola pikir dan mental sebagai pengusaha yang terdiri dari cara berpikir, sudut pandang yang dimiliki, cara belajar, cara menilai, cara bertindak, dan keberanian yang akan membawa kesuksesan bagi mereka.

10 Sudut Pandang Pengusaha Sukses

Kebanyakan orang masih diam dan jalan di tempat sambil berkhayal nikmatnya menjadi seorang pengusaha sukses yang kaya raya, boss diri sendiri, dan memiliki bisnis sendiri. Mau apa-apa tinggal tunjuk, perintah sana sini. Sementara para pengusaha sukses memahami bahwa sebagai seorang pengusaha, mereka dituntut untuk berpikir dan bertindak dalam level yang lebih tinggi. Mereka memahami impian yang besar hanya dapat dicapai dengan usaha yang besar pula yang dalam perjalanan menjemput impian itu tidak semudah yang di dalam khayalan. Kebanyakan orang senang berkhayal dan mau mendapatkan hasilnya, namun hanya sedikit sekali yang mau dengan kerjanya. Kalau sudah begini, ya cukup jadi penonton saja yang menyaksikan para pemain menjadi sukses.

Berikut ini adalah 10 sudut pandang pengusaha sukses yang berbeda dengan sudut pandang kebanyakan orang, yang merupakan rahasia sukses mereka:

1. Masalah dan Hambatan adalah Tantangan dan Kesempatan.
Kegagalan sementara, rintangan, hambatan, masalah, adalah merupakan tantangan yang pasti ditemui oleh seorang pengusaha. Kebanyakan orang akan merespon tantangan ini dengan penuh stres dan pesimis dengan melihat semua tantangan tersebut merupakan pengalaman buruk pembuat trauma yang menjadi penghambat kemajuan pekerjaan atau bisnis mereka. Namun sebagai seorang pengusaha, kita akan menemukan banyak sekali tantangan-tantangan semacam ini sebagai ujian kita naik kelas ke level sukses yang lebih tinggi. Dan dengan bersikap seperti kebanyakan orang, seorang pengusaha tahu bahwa akan berdampak pada perkembangan bisnisnya yang akan mengalami penurunan dan menuju kehancuran.

2. Disiplin adalah Syarat Mutlak.
Bagi kebanyakan orang, menerapkan disiplin pada pola hidup dan pekerjaannya merupakan suatu beban yang membutuhkan suatu motivasi, pikiran, dan tenaga yang lebih dari biasanya. Sementara bagi pengusaha sukses, disiplin merupakan gaya hidup dan gaya kerjanya yang merupakan suatu kebiasaan yang normal dilakukan, yang bukan merupakan suatu beban. Untuk bisa menjadi displin seperti pengusaha sukses, kita harus mengetahui apa yang kita inginkan dan bersedia melakukan apa saja untuk mencapai keinginan kita.

3. Segala Sesuatu butuh Usaha dan Tindakan.
Tantangan dalam bisnis itu sangat bermacam-macam dan secara konsisten berubah-ubah dan menuntut para pengusaha untuk secara konsisten memutar otak mencari jalan untuk mengantisipasi bisnisnya hancur karena tidak bisa mengatasi tantangan yang ada. Setiap pengusaha sukses sangat waspada dan fokus untuk mengantisipasi akan hal ini dengan segala usaha, tindakan, dan daya upaya agar bisnisnya mengalami kesuksesan. Seorang pengusaha sukses memiliki banyak sekali tujuan-tujuan yang harus dicapai dalam bisnisnya yang merupakan peta jalan menuju impiannya. Ketika mereka mencapai salah satu tujuan, mereka sudah merencanakan persiapan untuk perjalanan mencapai tujuan berikutnya. Mereka tidak pernah tinggal diam dan terlena menikmati eforia sesaat. Mereka terus bergerak cepat, berusaha dan bertindak.

4. Uraikan sesuatu yang Besar menjadi elemen-elemen Kecil.
Cara ini cocok diterapkan pada suatu masalah ataupun dalam suatu solusi. Jika pengusaha memiliki suatu proyek besar, maka dia akan menguraikannya menjadi elemen-elemen kecil yang merupakan tujuan-tujuan kecil yang harus dicapai untuk mencapai tujuan besarnya. Sebagai contoh jika ada pohon besar merintangi jalan yang ingin kita lewati. Jika kita sendirian mengangkat atau menggeser pohon tersebut tentunya akan sulit sekali. Namun jika kita memotong pohon tersebut sebesar ukuran yang bisa kita angkat atau geser, maka pada akhirnya kita bisa memindahkan keseluruhan pohon tersebut dari jalan. Ini merupakan tujuan kecil. Dan pada akhirnya kita bisa melewati jalan tersebut dan meneruskan perjalanan kita. Dan ini merupakan tujuan besarnya.

5. Pesaing adalah Bahan Pelajaran dan Penelitian.
Kebanyakan orang melihat bahwa pesaing itu adalah sebuah ancaman yang dapat menyaingi bisnis kita, merebut pasar kita, dan dapat membuat bisnis kita bangkrut. Namun seorang pengusaha melihat pesaing sebagai sebuah kesempatan baginya untuk mempelajari dan meneliti lebih jauh tentang bisnis yang sedang dijalankannya dan respon pasar yang menjadi target terhadap produk atau jasanya. Dengan mempelajari dan meneliti cara pesaing menjalankan bisnisnya, memasarkan, dan menjual, maka kita dapat membandingkan dengan yang kita lakukan di bisnis kita. Dengan begini kita akan bisa mempelajari dan menambah pengalaman tentang apa yang bisa membuat bisnis kita lebih baik dari mereka, pertahankan yang sudah lebih baik dan perbaiki yang masih kurang baik. Dari sini kita bisa memiliki pengalaman tidak hanya dengan menjalankan bisnis kita sendiri, namun bisa dengan mempelajari dan meneliti apa yang dilakukan oleh pesaing kita.

6. Kesempurnaan adalah Penghambat Kemajuan.
Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Kesempurnaan adalah Musuh dari Kemajuan”. Seorang pengusaha sukses sangat memahami bahwa untuk menjalankan bisnis itu tidak butuh suatu kesempurnaan, yang penting bisnisnya lancar dan menguntungkan. Namun memang banyak para pengusaha muda atau pebisnis pemula yang terperangkap dengan kesempurnaan visi mereka, karena visi yang ada dalam pikiran kita selalu sempurna. Jika kita terus mengejar kesempurnaan tersebut, maka seperti penulis yang setelah selesai menulis sebuah buku dan membaca lagi, maka dia akan menemukan ada saja yang kurang atau belum sempurna dalam tulisannya, yang mana pada akhirnya buku tersebut tidak juga jadi diterbitkan karena si penulis selalu ingin menyempurnakan tulisannya dengan membacanya ulang lagi dan lagi.


7. Kesalahan adalah Hal Biasa.
Coba tanyakan pada pengusaha sukses, apakah mereka sering membuat kesalahan? Pasti jawabannya ya. Lalu apa bedanya dengan yang belum sukses? Bedanya, pengusaha sukses sering membuat kesalahan baru, bukan mengulangi kesalahan yang sama. Mengulangi kesalahan yang sama berulang-ulang menandakan kita tidak pernah belajar dari kesalahan. Membuat kesalahan baru, itu tandanya kita sedang mempelajari sesuatu yang baru, sesuatu yang bisa menambah pengetahuan kita, sesuatu yang diluar yang kita bisa saat ini. Pengusaha sukses tidak pernah takut untuk membuat kesalahan, karena mereka mengerti bahwa membuat kesalahan merupakan proses belajar, dan mereka sangat memahami cara belajar dari kesalahan.

8. Sukses Bukan berasal dari Kebetulan dan Keajaiban.
Para pengusaha sukses yang kita ketahui tidak begitu saja tiba-tiba langsung sukses. Tidak begitu saja tiba-tiba mendapatkan ide cemerlang entah darimana yang bisa membuatnya sukses. Ada waktu dimana mereka mencurahkan segala pikiran dan tenaga, usaha dan tindakan, mengalami kegagalan berkali-kali, jatuh dan bangkit lagi, sampai mereka menemukan suatu ide cemerlang yang akhirnya memberikan kesuksesan pada bisnis mereka.

Tidak akan pernah ada jalan pintas menuju kesuksesan, tidak akan pernah ada keajaiban tanpa didahului dengan perjuangan dan pengorbanan, tidak akan pernah ada kesuksesan yang dicapai dengan cara instan karena kesuksesan itu dicapai dari suatu proses. Pengusaha sukses sangat memahami hal ini. Menunggu ide cemerlang dengan mengandalkan kebetulan, keajaiban, wangsit, atau ilmu gaib, yang akan membawa kesuksesan bagi kita adalah suatu pekerjaan yang sia-sia. Hanya berdoa saja tanpa melakukan usaha apapun, juga merupakan pekerjaan yang sia-sia.

9. Berbisnis adalah Gaya Hidup.
Menjadikan berbisnis sebagai gaya hidup itu memiliki arti bahwa apapun yang kita lakukan dalam hidup kita merupakan suatu pekerjaan yang selalu berhubungan dengan bisnis kita. Kita akan selalu membawa bisnis kita kemanapun kita pergi. Pergi sebagai seorang pengusaha, pulang sebagai seorang pengusaha, tidur sebagai seorang pengusaha, bangun sebagai seorang pengusaha. Tidak ada batasan antara hidup dan pekerjaan bagi seorang pengusaha sukses. Hidupnya adalah pekerjaannya, dan pekerjaannya adalah hidupnya. Untuk dapat bertahan dalam gaya hidup seperti ini, kita harus memiliki pola pikir dan mental sebagai seorang pengusaha. Menjadi pengusaha sukses bukan berasal dari bakat bisnis yang dimiliki, namun lebih kepada kesiapan diri kita menghadapi tantangan-tantangan yang sudah menunggu di depan kita.

10. Masukan dari orang lain sangat Berharga.
Pengusaha sukses merupakan seorang pimpinan bagi tim kerja yang dimilikinya. Pemimpin yang baik selalu memahami cara-cara berkomunikasi yang baik. Tidak hanya memberi arahan, namun mendengarkan masukan-masukan yang berharga dari tim kerjanya merupakan bagian dari komunikasi yang baik. Banyak pengusaha yang belum sukses atau yang tadinya sukses, sangat kaku dalam memimpin tim kerjanya. Mereka tetap bertahan dengan cara-cara lama, berkomunikasi dengan kaku yaitu hanya komunikasi satu arah dan tidak mendengarkan masukan-masukan dari tim kerjanya, dan selalu berpikir bahwa tim kerjanya tidak tahu apa-apa. Dengan menolak untuk menerima sesuatu yang positif dan perubahan yang terjadi, maka bisnisnya tidak tumbuh dan cenderung mengalami penurunan. Pengusaha sukses juga selalu mencari orang-orang yang memiliki pengalaman yang berbeda dan melihat dari sudut pandang yang berbeda atau baru untuk lebih memperkaya pengetahuannya dan atau untuk menguatkan sudut pandangnya.

Demikian 10 sudut pandang pengusaha sukses yang yang berbeda dengan sudut pandang kebanyakan orang, dan ternyata membawa mereka kepada kesuksesan. Apakah bisa kita pelajari dan coba terapkan dalam bisnis yang kita jalankan saat ini? Jawabannya tentu saja tergantung kita sendiri. Seberapa besar keinginan kita untuk sukses, seberapa besar usaha yang kita lakukan untuk mencapai keinginan kita, seberapa kuatnya impian kita, dan seberapa kuatnya tindakan kita mewujudkan impian tersebut. Hidup adalah pilihan, mau sukses atau tidak semua tergantung kita.


Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

2 comments:

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip