Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

10 Tips Cara Jualan Pengusaha Sukses

Tips cara jualan pengusaha sukses adalah suatu tips yang sangat perlu dipelajari oleh para pebisnis pemula atau yang belum sukses. Seorang pengusaha sukses pernah mengatakan bahwa di perusahaan yang didirikannya, dia menuntut setiap posisi dan setiap karyawan yang ada di dalam organisasinya untuk bisa jualan. Dan sebenarnya ini hanya sebuah penegasan terhadap sesuatu yang menjadi kewajiban, namun umumnya kurang disadari oleh para karyawannya.

10 Tips Cara Jualan Pengusaha Sukses

Setiap karyawan itu sebenarnya sedang jualan. Mulai dari melamar kerja, para karyawan tersebut sudah jualan dengan menawarkan profil diri yang berisikan tentang kemampuannya dan apa yang bisa dikerjakannya ke banyak perusahaan dengan tujuan mencari perusahaan yang tertarik untuk merekrutnya menjadi karyawan. Setelah salah satu dari perusahaan itu merekrutnya, para karyawan juga tetap harus jualan, yaitu jualan ide-ide cemerlang disamping jualan tenaga yang dimilikinya tergantung posisinya seperti apa di perusahaan. Dan yang paling penting saat mereka bekerja di perusahaan tersebut, mereka harus bisa jualan nama baik perusahaan tersebut kepada orang lain melalui perkataan, perbuatan, dan sikap mereka saat bersosialisasi dengan orang-orang di luar organisasi perusahaan.


Seorang pengusaha tentunya adalah seorang penjual. Jualan adalah pekerjaannya yang paling utama. Baik itu jualan produk dan jasa. Produk yang dijual bisa bermacam-macam seperti produk kebutuhan sehari-hari, produk kecantikan dan kesehatan, produk hiburan, produk pendidikan, dan masih banyak lagi. Sementara jasa yang dijual juga bermacam-macam seperti jasa konsultasi yang bisa memberikan saran dan rekomendasi yang tidak terpikirkan oleh para kliennya, jasa kurir, jasa pelayanan kebersihan, jasa pelayanan keamanan, dan masih banyak lagi.


Banyak sekali memang buku-buku, artikel-arikel, bahkan training-training yang memiliki topik tentang tips-tips jualan yang sukses. Dari kesemuanya itu ada beberapa tips yang selalu hadir dalam setiap pembahasan. 

Berikut ini adalah 10 tips cara jualan pengusaha sukses yang bisa kita pelajari dan praktekkan dalam pekerjaan kita agar bisa ikutan sukses juga:


Spesialisasikan diri jualan satu macam produk atau jasa.

Mitos yang mengatakan bahwa tenaga penjual terbaik bisa menjual apa saja kepada siapa saja adalah mitos yang kurang tepat. Hal ini sama saja mengatakan seorang olahragawan terbaik bisa melakukan olahraga apa saja. Mungkin bisa melakukan, tapi belum tentu ahli. Contoh lain yaitu dengan menganggap seorang musisi terbaik bisa memainkan seluruh alat musik. Intinya adalah makin kita memilki spesialisasi terhadap suatu produk atau jasa yang kita jual, maka makin kita memahami secara mendalam kelebihan dan kekurangan produk atau jasa yang kita jual, yang membuat kita makin ahli menjawab pertanyaan-pertanyaan prospek sampai memberi solusi atau alternatif yang bisa membuat prospek senang untuk berbisnis dengan kita. Dan jika hal ini terjadi, maka peluang kita untuk berhasil jualan makin besar.



Mengelompokkan dan menyortir daftar prospek

Ketika ingin jualan, tentunya kita membutuhkan sebuah daftar yang berisikan nama-nama prospek. Dan tentunya agar lebih mengoptimalkan penggunaan waktu, kita juga mau yang ada di daftar prospek tersebut adalah prospek-prospek yang memang memiliki peluang besar untuk membeli apa yang ingin kita jual. Maka dari itu kelompokkan dan sortir daftar prospek yang kita miliki sehingga kita memiliki daftar yang mungkin lebih sedikit dari daftar sebelumnya, namun dapat membuat kita lebih fokus, menggunakan waktu secara optimal, dan peluang mencapai keberhasilan dalam jualan akan cukup besar.


Cari tahu segala hal tentang prospek terlebih dahulu.

Jangan pernah menghubungi prospek sebelum kita mencari tahu segala hal tentang dirinya. Yang terpenting cari tahu apa masalah dan kebutuhan prospek dan apakah yang akan kita tawarkan dapat memberi solusi untuk masalah dan kebutuhan prospek, serta cari sebuah alasan kuat kenapa nantinya prospek akan tertarik untuk membeli dari kita.


Mulailah percakapan atau obrolan dengan prospek.

Sebelum kita masuk kepada tahap menawarkan apa yang kita jual, kita harus memulai percakapan atau obrolan terlebih dahulu dengan prospek, baik itu offline maupun online. Jadikan tujuan awal kita adalah memulai percakapan dengan prospek. Hal ini sangat berguna sekali untuk kita mempelajari apa yang sebenarnya menjadi masalah dan kebutuhan prospek. Dengan demikian maka kita dapat mengoptimalkan waktu yang kita miliki dengan memutuskan untuk lanjut menawarkan apa yang kita jual atau tidak.


Buatlah prospek merasa nyaman berinteraksi dengan kita.

Tidak ada yang salah menjadikan jualan sebagai pekerjaan kita atau sebagai jalan untuk mewujudkan impian kita. Yang suka salah itu adalah sikap penjual yang terlalu fokus untuk berhasil dalam jualan sehingga melupakan tahapan-tahapan sukses dalam jualan. Coba sekarang tanya pada diri sendiri, bagaimana kita menyikapi seseorang yang menawarkan kartu kredit, parfum, atau asuransi baik itu waktu kita jalan di mall atau lewat telepon. Terlepas dari apa latar belakangnya dan apa yang dipelajarinya tentang teknik jualan, namun seringnya mereka terkesan agak memaksa dan seperti tidak mau mendengarkan apa yang kita katakan. Yang kita alami, mereka berusaha membombardir kita dengan semua informasi tentang apa yang dijualnya secara panjang lebar, dan tidak mempedulikan apakah kita tertarik dan membutuhkan apa yang mereka tawarkan atau tidak. Sebagian besar teman-teman saya yang memiliki pengalaman serupa bercerita bahwa jika menghadapi hal seperti ini mereka akan buru-buru pergi, menghindar, atau tidak merespon, sampai langsung menutup telepon dan memblok orang tersebut. Padahal ada beberapa teman saya yang sebenarnya membutuhkan apa yang mereka tawarkan tersebut, namun karena tidak nyaman dengan cara mereka menawarkan jualan mereka, maka teman-teman saya langsung menolak. Maka dari itu pengantar atau pembukaan sebelum masuk ke dalam tahapan menawarkan apa yang kita jual itu sangat penting untuk keberhasilan jualan.


Nilailah prospek secara cepat.

Ketika kita terlibat percakapan dengan prospek, tujuan kita adalah mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh prospek, dan apakah yang akan kita jual dapat menjadi solusi untuk kebutuhannya tersebut, serta yang paling penting apakah prospek memiliki kemauan dan daya beli. Jika prospek tidak memiliki kebutuhan yang sesuai dengan jualan kita, tidak memiliki kemauan atas peluang bisnis yang kita tawarkan, apalagi tidak memiliki daya beli, maka hapuslah prospek dari daftar prospek yang potensial. Jangan buang waktu kita dan prospek lebih lama lagi. Jadikan prosesnya menjadi lebih efisien.



Fokus pada orang-orang di sekitar prospek

Ketika kita mencari tahu apa kebutuhan prospek, cari tahu juga siapa orang-orang terdekat prospek yang memiliki pengaruh besar dalam perjalanan hidup prospek. Dan cari tahu apa yang dibutuhkan orang-orang terdekat prospek dan apakah mereka biasanya mendapatkan kebutuhannya lewat prospek. Jika iya, maka ini merupakan sebuah alternatif lain untuk membuat kita sukses jualan. Bantulah prospek untuk dapat memenuhi kebutuhan orang-orang terdekatnya, dan jika memungkinkan dekati dahulu orang-orang terdekatnya tersebut dengan tujuan menginformasikan mereka bahwa kita memiliki apa yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan mereka. Lebih lanjut diharapkan orang-orang terdekat prospek tersebut yang akan memberi pengaruh kepada prospek untuk membeli dari kita.


Beradaptasi dengan proses pembelian.

Jualan itu esensinya bukanlah sesuatu yang kita lakukan kepada prospek, namun sesuatu yang kita lakukan untuk prospek. Jika kita memahami hal ini maka kita bisa memahami proses pembelian prospek, bagaimana mereka membuat keputusan untuk membeli, bagaimana mereka membuat keputusan membeli dari kita atau orang lain, dan bagaimana prospek merasa terbantu dengan menemukan solusi atas kebutuhan hidupnya dari produk, jasa atau peluang yang kita tawarkan. Intinya dalam jualan adalah kita harus memiliki tujuan untuk membantu prospek menemukan solusi untuk masalah hidupnya melalui apa yang kita jual. Prospek yang merasa puas dengan mendapatkan solusi dari kita, akan menjadi solusi juga untuk jualan kita.


Jualan memiliki arti memastikan prospek membeli.

Jika kita memiliki prospek yang sangat potensial, yang kita tahu memiliki peluang besar untuk membeli apa yang kita tawarkan kepada mereka. Akan sangat menyakitkan jika pada akhirnya kita tidak mendapatkan pembelian dari prospek seperti ini. Namun yang lebih menyakitkan adalah jika kita tidak memiliki keberanian bertindak sampai akhir dari percakapan untuk menawarkan jualan kita. Jika kita tidak memiliki keberanian, atau menunggu terlalu lama, maka kita akan mengalami kegagalan dalam jualan.


Bangunlah hubungan jangka panjang.

Untuk mencapai keberhasilan dalam jualan, kita harus membangun hubungan jangka panjang dengan prospek lewat komunikasi yang konsisten secara berkala dan membantu prospek disaat prospek membutuhkan bantuan. Jadikan prospek itu sebagai teman atau seperti keluarga yang siap kita bantu, jangan pernah jadikan prospek hanya sebagai target jualan. Jika kita melakukan hal ini maka kita sebenarnya sudah menjadikan prospek-prospek kita tersebut menjadi pelanggan kita, yang sekaligus secara tidak langsung  membantu mempromosikan kita kepada orang-orang yang mereka kenal. Maka dari itu sangatlah penting untuk menjalin komunikasi yang baik dan meninggalkan kesan baik kepada mereka.


Demikianlah 10 tips cara jualan pengusaha sukses yang dapat dibagi kepada teman-teman semua disini. Mudah-mudahan tips-tips ini dapat berguna bagi teman-teman yang membutuhkan inspirasi dan solusi dalam melakukan jualan.

Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip