Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

Filosofi Dodol | Cara Jitu Sukses Mencapai Target

Siapa yang tidak tahu Dodol? Ternyata Dodol bukan hanya sekedar makanan ringan lagi sekarang, namun dodol memiliki filosofi yang dapat memberikan inspirasi bagi kita dalam mendapatkan Cara Jitu Sukses Mencapai Target.

Wuiiih makin keren aja nih dodol. Apa itu Filosofi Dodol? Dan bagaimana filosofi tersebut bisa menginspirasi kita dalam menemukan cara jitu agar sukses dalam mencapai target? Yuk ah kita bahas, habis dari tadi kepo nanya melulu.  :D

Inti dari kesuksesan dalam mencapai target atau tujuan yaitu keberhasilan kita dalam menjaga fokus selama kita mengerjakan pekerjaan, belajar dari kesalahan dan kegagalan, dan berjuang dalam perjalanan menjemput impian kita. Tetap fokus pada target yang ingin dicapai adalah suatu kekuatan besar yang dihasilkan oleh diri kita sendiri, yang bahkan dapat mengalahkan kekuatan bakat dan intelegensia.

Tetap Fokus berkaitan erat dengan yang namanya Konsistensi.

Konsistensi ini juga berkaitan erat dengan beberapa aspek dalam diri kita seperti aspek fisik dan mental. Banyak orang-orang yang memiliki ide yang brilian dan tujuan yang baik, namun hanya sedikit dari orang-orang tersebut yang dapat mewujudkan ide dan mencapai tujuan mereka tersebut.

Kenapa bisa begitu?
 

Kondisi tersebut sering terjadi, karena dalam proses dari mulai mewujudkan ide sampai mencapai target, kita dituntut untuk memiliki Konsistensi Mental, disamping konsistensi kinerja dan kelebihan lain yang mungkin terdapat didalam diri kita seperti bakat dan intelegensia.

Filosofi Dodol | Cara Jitu Sukses Mencapai Target

Konsistensi mental itu seperti apa?
Mari kita belajar dari Filosofi Dodol.

Ide dan Tujuan

Contohnya seperti ini, misal kita ingin membuat dodol. Dodol ini rencananya akan dibagikan pada saat kerja bakti pembangunan irigasi di kampung kita. 

Dari segi ide, ide membuat dodol sangat brilian, karena pada saat kerja bakti para peserta pastinya butuh cemilan, dan dodol termasuk makanan ringan yang cukup mengenyangkan, mudah dibawa-bawa, dan tahan lama.

Dari segi tujuan, tujuannya sangat baik, karena selain dodol ini dibuat untuk orang-orang yang sedang kerja bakti membangun fasilitas umum, dodol ini juga bisa menjadi sumber energi instan bagi mereka yang sedang bekerja, karena banyak mengandung gula.

Nah, dari segi ide dan tujuan sudah sesuai. Sekarang tinggal melakukan proses pembuatan dodolnya saja.


Proses
Seperti umumnya kita ketahui, bahwa sebagian besar bahan dasar dodol adalah gula. Proses pembuatannya adalah gula beserta bahan-bahan lain dimasukkan ke dalam kuali besar yang sudah terletak diatas tungku atau kompor.

Pada saat memasak, wajib hukumnya kalau kita harus mengaduk-aduk terus adonan di dalam kuali agar tekstur dodol yang diinginkan bisa didapat. Jika adonan tidak diaduk-aduk terus menerus, maka adonan akan lengket dan mengering, sehingga dodol yang kita buat tidak akan jadi sesuai hasil yang kita inginkan.

Jika ada yang sudah pernah membuat dodol, pasti tahu, bahwa proses pembuatan dodol itu akan memakan waktu berjam-jam, dan prosesnya ya hanya mengaduk-ngaduk adonan itu secara terus menerus.


Kalaupun kita harus berhenti mengaduk karena misal harus ke toilet, maka dipastikan harus ada orang lain yang dapat menggantikan kita sehingga proses mengaduk-aduk adonan tetap berlangsung.

Tantangan dan Ujian
Proses yang monoton dan memakan waktu lama seperti ini yang kadang menjadi tantangan dan ujian bagi konsistensi kita, karena rasa bosan cepat atau lambat akan hinggap di diri kita. 

Biasanya kalau kita dihinggapi rasa bosan, kita akan sulit sekali untuk menjaga fokus.

Kemungkinan bahwa dodol yang dinanti pun akhirnya nggak jadi karena satu dan lain hal, cukup besar. Biasanya setelah berjam-jam melakukan pekerjaan yang membosankan lalu ternyata hasilnya tidak sesuai, kita cenderung gampang menyerah, putus asa, dan malas untuk mengerjakannya kembali.

Biasanya kalau kita cepat menyerah dan berhenti, lalu mengganti fokus kita sebelum target kita tercapai, kemudian memiliki target yang baru lagi dan memulai prosesnya lagi dari awal, maka kita akan terbiasa selalu memulai sesuatu yang tidak pernah akan bisa kita selesaikan.

Konsistensi Mental adalah tahapan lanjut setelah memiliki Motivasi yang Tinggi dan Passion yang Kuat dari dalam diri sendiri.

Orang-orang Sukses juga pernah merasakan yang namanya kehilangan Motivasi dan Passion, sama dengan kita yang sedang menapaki jenjang kesuksesan tersebut, begitu juga dengan Orang-orang Gagal.


Yang membedakan Orang-orang Sukses dan Orang-orang Gagal adalah

Orang-orang Sukses Tetap Fokus pada Target atau Tujuan dengan Berusaha Keras Menjaga Konsistensi Mentalnya, yaitu dengan Tidak Pernah Sedikitpun Membiarkan Emosi mereka yang Menentukan Tindakan mereka.

Jadi sebenarnya inilah yang menjadi Core and Soul Orang-orang Sukses dalam menjaga performanya agar tetap diatas orang-orang lain dan tentunya tetap sukses. Bakat atau Intelegensia itu hanyalah bonus tambahan, yang hanya bisa teraktivasi jika core and soul-nya juga diaktifkan.


Untungnya, cara untuk mengaktifkan core and soul ini di dalam diri kita hanya kita sendiri yang bisa, tidak bisa dilakukan oleh orang lain. Kan yang mau sukses kita, yang nantinya menikmati kesuksesan kita juga, jadi harusnya yang berusaha paling keras mencapai target kita, ya kita sendiri, masa orang lain.  :)


Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip