Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

7 Kecerdasan Emosional Pengusaha Sukses

Apa yang ada dalam bayangan kita jika mendengar tentang seorang Pengusaha Sukses? Seseorang yang memiliki usaha atau bisnis yang berkaitan dengan penjualan produk atau jasa yang mencapai kesuksesan dalam bisnisnya dan kehidupannya.

Bisnis yang sukses mendapatkan kontribusi paling besar dari suatu proses yang dinamakan penjualan. Penjualan yang sukses mendapatkan kontribusi paling besar dari pengusaha yang memiliki dan menerapkan kecerdasan emosional dalam melakukan proses penjualan.
Proses penjualan terbaik, teknologi penjualan terbaik, teknologi produk terbaik, jasa pelayanan terbaik, tehnik pemasaran terbaik, dan semua alat bantu penjualan terbaik tidak ada artinya jika tidak didukung oleh kecerdasan emosional penjualnya.

Kecerdasan emosional ini memiliki peran yang sangat penting dalam membuka kesempatan terjadinya penjualan, karena kecerdasan emosional ini yang digunakan dalam tahapan pertama proses penjualan yaitu pencarian dan pendekatan prospek.

7 Kecerdasan Emosional Pengusaha Sukses



Ada 7 kecerdasan emosional pengusaha sukses yang berpengaruh besar terhadap hasil penjualannya, yaitu:

1. Kesabaran
Prospek atau Konsumen memiliki cara sendiri dalam memutuskan melakukan pembelian. Bisa jadi membeli dan bisa tidak, bisa cepat dan bisa juga lambat, bisa langsung memberi keputusan dan bisa juga menggantung. Sementara sebagai penjual, kita selalu siap sedia dan dalam semangat tinggi untuk melayani dan membantu apa yang dibutuhkan oleh prospek.
Penundaan atau penolakan prospek biasanya membuat penjual frustasi yang jika dibiarkan terus akan menimbulkan penurunan motivasi. 
Dalam mengatasi hal ini dituntut kesabaran dan keikhlasan dari penjual untuk menerima keadaan penundaan atau penolakan dari prospek yang merupakan hal yang biasa terjadi dalam proses penjualan.


2. Kejujuran
Seorang penjual harus selalu bersikap jujur kepada prospeknya walaupun pada akhirnya akan membuat proses penjualan tidak akan terjadi. Menghindari memanipulasi prospek hanya untuk membuat prospek membeli apa yang kita jual adalah tindakan tepat yang sesuai dengan motivasi kita untuk membantu prospek memiliki kehidupan yang lebih baik, yang didapat dari manfaat produk atau jasa yang kita jual.


3. Keberanian
Berani dalam hal ini adalah berani mengambil resiko jika memang diperlukan. Jika menghadapi tantangan, apakah itu tantangan besar atau kecil, kita harus selalu menghadapinya. Menghindari tantangan sama saja dengan menutup pintu kesempatan kita untuk menuju jalan mencapai tujuan kita. 
Mengorbankan cita-cita kita demi kenyamanan sementara. Dibalik setiap tantangan tersebut selalu ada hal yang dapat kita pelajari dan kesuksesan yang bisa kita nikmati. Tantangan adalah ujian kita untuk naik kelas, yang merupakan kesempatan kita untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.


4. Komitmen
Komitmen sukses seorang penjual adalah akan melakukan apapun selama masih dalam tahap wajar, beretika dan tidak melanggar undang-undang, untuk memastikan kedua belah pihak, prospek dan penjual, merasa puas. Dan seorang penjual tidak akan pernah menyerah untuk berusaha sampai pada akhirnya memiliki kejelasan dan kepastian bahwa prospek tidak bisa lagi kita bantu.


5. Fleksibilitas
Seorang penjual harus memiliki sikap fleksibel sehingga mudah beradaptasi terhadap berbagai macam situasi yang dihadapi dan berbagai macam kebutuhan prospek.
Fleksibel juga termasuk dengan menganalisa berbagai pendekatan kepada prospek dan mengevaluasi mana yang berhasil dan mana yang tidak, dan merubah pendekatan tersebut sehingga bisa sesuai dengan situasi yang sering berubah-rubah.
Kehidupan ini selalu bergerak dan berubah, tidak ada yang tetap.


6. Antusiasme
Seorang penjual harus memiliki antusiasme tinggi terhadap dirinya, produk atau jasa yang dijualnya, dan prospeknya. Seorang penjual pastinya mengetahui bahwa yang namanya antusiasme itu menular, dan hal itu sangat positif untuk keberhasilan proses penjualan.
Agar tetap memiliki antusiasme tinggi, kita harus memiliki motivasi utama untuk membantu membuat kehidupan prospek menjadi lebih baik, yang mana dapat menciptakan kesuksesan yang lebih besar lagi bagi penjual dan prospek.


7. Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu menandakan bahwa kita selalu lapar akan sesuatu yang belum kita ketahui. Seorang penjual harus membuka mata, telinga, dan pikirannya untuk menerima informasi, ilmu, dan pengetahuan yang dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses penjualan.
Seni menjual sangat menarik, karena seperti hidup dalam kehidupan yang penuh misteri dan teka-teki. Setiap prospek dan setiap situasi satu dengan yang lain selalu berbeda sehingga hal-hal ini dapat memberi sesuatu yang penting bagi kita untuk dipelajari.

Demikianlah 7 Kecerdasan Emosional Pengusaha Sukses yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnisnya lewat hasil penjualan yang selalu meningkat.
Tidak ada yang pasti di dalam kehidupan ini, semua bergerak dan berubah, dan yang pasti hanyalah perubahan itu sendiri.
Mudah-mudahan apa yang saya bagi disini bisa membantu teman-teman dalam meningkatkan penjualannya, membesarkan bisnisnya, berhasil menjadi pengusaha sukses, dan hidup dalam kehidupan sesuai impiannya.


Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip