Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

7 Cara Tetap Semangat dan Berpikir Positif Saat Terpuruk

Sebagian orang seperti karyawan berprestasi atau pengusaha sukses memiliki pengalaman berharga tentang  bagaimana cara tetap semangat dan berpikir positif saat terpuruk.

Dalam perjalanan menjemput impian, setiap orang sukses tentunya pernah mengalami kegagalan, bahkan ada yang sampai mengalaminya berkali-kali sampai akhirnya mereka berhasil mencapai tujuan mereka.

Tetap fokus pada tujuan sangat penting artinya, namun hal itu juga merupakan suatu pekerjaan yang paling sulit dilakukan saat kita sedang diuji dengan masalah yang berat dan dalam kondisi terpuruk. Kondisi terpuruk ini sangat mempengaruhi emosi dan pikiran kita.

Emosi sangat berkaitan erat dengan motivasi yang menimbulkan semangat juang kita, dan berkaitan erat juga dengan pikiran kita. Kebanyakan orang cenderung membiarkan emosi menguasai pikiran mereka, dan sebagian orang berlaku sebaliknya.

7 Cara Tetap Semangat dan Berpikir Positif Saat Terpuruk

Hidup adalah pilihan. Mau berprofesi sebagai karyawan atau berprofesi sebagai pebisnis atau beralih profesi dari karyawan menjadi pebisnis atau berprofesi keduanya, semuanya adalah pilihan kita.

Sepanjang hidup saya, tantangan terbesar adalah saat memutuskan untuk fokus menjemput impian saya. Disinilah perjalanan hidup yang sesungguhnya dimulai.

Saya memutuskan untuk resign sebagai karyawan kantoran, dan memulai untuk berbisnis. Banyak yang mengatakan bahwa lebih enak jadi pebisnis atau pengusaha yang menjadi bos diri sendiri, dibanding jadi karyawan yang kerja sama orang.

Ya… jika cara melihatnya begitu memang kelihatannya enak, namun pada proses yang sesungguhnya tidak seperti kelihatannya.

Seorang pebisnis pasti akan menghadapi berbagai macam tantangan, rintangan, dan hambatan yang berasal dari luar dirinya dan juga dari dalam dirinya.  

Motivasi dan semangat yang tinggi saat memulai cepat atau lambat akan berkurang sedikit demi sedikit. Makin lama waktu yang kita harus lalui dalam mencapai tujuan kita akan memberi waktu bagi semua tantangan tersebut untuk mengikis semangat juang kita.

Lama kelamaan kita akan mulai ragu akan kemampuan yang kita miliki untuk mewujudkan impian kita, ditambah dengan pendapat orang-orang di sekitar kita yang mulai meragukan kekuatan impian kita dan kerja keras kita, yang akhirnya bisa membuat kita ragu akan keputusan kita memilih jalan untuk berbisnis.

Kondisi ini normal saja dan orang-orang sukses pernah mengalaminya.

Ketidakpastian itu adalah milik Tuhan. Ketidakpastian dalam hidup dipelihara agar kita sebagai manusia senantiasa tetap berusaha semaksimal mungkin dan tetap berdoa untuk memohon petunjuk dan bantuanNya.

Banyak orang-orang sukses di dunia yang pernah mengalami ketidakpastian dalam hidup mereka, bahkan sampai membuat hidup mereka terpuruk. Sebut saja Michael Jordan, Walt Disney, Bill Gates, Soichiro Honda, dan Thomas Alva Edison.

Ketidakpastian ini hadir dalam kehidupan mereka dalam berbagai bentuk. Mulai dari ditolak berkali-kali, dipecat dari pekerjaan berulang kali, bangkrut beberapa kali, sampai dibilang tidak memiliki masa depan. Namun akhirnya mereka membuktikan bahwa mereka semua bisa sukses.

Yang membedakan mereka dengan yang lainnya adalah mereka memilih untuk membuat mental mereka siap untuk menghadapi segala tantangan, rintangan, dan hambatan yang hadir dalam kehidupan mereka. Ini yang dinamakan mental sukses.

Tantangan, rintangan, dan hambatan tidak dapat dicegah kehadirannya dalam perjalanan hidup orang-orang yang ingin sukses. Semua itu pasti hadir di hadapan kita.

Orang-orang Sukses belajar dan berusaha menghadapi Tantangan, Rintangan, Hambatan, dan bertahan untuk memenangkan perjuangan mereka.

Mereka percaya bahwa dibalik semua itulah impian mereka terletak dan menunggu untuk dijemput. Mereka percaya kesuksesan akan mereka raih jika mereka memberikan kemampuan dan usah mereka semaksimal mungkin.

Setiap orang bisa dengan mudah membuat keputusan untuk memulai bisnis, dan akhirnya memulainya. Namun hanya orang-orang yang memiliki mental sukses dan jiwa pemenang saja yang memutuskan untuk bertahan dalam melanjutkan bisnis mereka, termasuk memutuskan bertahan dan berusaha untuk bangkit saat terpuruk.

Berikut ini adalah 7 cara tetap semangat dan berpikir positif saat terpuruk:

1. Percaya kesempatan selalu ada.
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Ketidakpastian adalah sesuatu yang pasti di dunia ini. Sukses tidak mengenal yang namanya usia.

Coba lihat di sekeliling kita. Ada sebagian orang yang sudah menikmati kesuksesan saat masih muda, dan ada juga yang baru memulai bisnisnya saat mau masuk usia pensiun dan akhirnya hidup tenang menikmati masa pensiunnya. Kesempatan itu selalu ada, semuanya mungkin.


2. Sabar, sabar, dan sabar.
Sukses itu membutuhkan proses. Prosesnya ada yang sebentar dan ada juga yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Yang pasti kita jangan terlalu terpengaruh akan cerita sukses beberapa orang yang bisa dicapai dalam waktu singkat.

Yang perlu kita ingat bahwa sukses butuh proses, proses membutuhkan waktu, dan waktu yang dibutuhkan oleh kita tidak sebentar. Maka dari itu dalam menjalani prosesnya dibutuhkan kesabaran kita agar kita dapat mencapai tujuan kita.


3. Jangan memandang rendah diri sendiri.
Saat keadaan sedang sulit apalagi saat terpuruk, hampir setiap orang mentalnya down dan merasa kepercayaan dirinya hilang. Jangan khawatir, hal ini memang biasa terjadi secara alami sebagai respon diri kita akan kondisi yang kita tidak sukai.

Hanya saja, jangan biarkan apa yang kita rasakan ini sampai berlarut-larut. Bangkit dan katakan pada diri sendiri bahwa kita lebih kuat dari tantangan yang kita hadapi saat ini.

Apa yang akan kita rasakan tergantung bagaimana pikiran kita melihat tantangan tersebut dari sudut pandang yang mana.

Apakah tantangan itu adalah sebuah masalah yang akan terus membuat hidup kita menderita, atau apakah tantangan itu adalah sebuah ujian yang menuntut kita untuk bertahan dan berjuang untuk naik kelas menuju kehidupan yang lebih baik.


4. Mencoba mencari solusi.
Banyak jalan menuju Roma. Sepertinya ini adalah kalimat bijak yang sesuai dengan poin ini. Ya memang banyak cara untuk mencapai tujuan kita. Selalu ada jalan jika kita mau berusaha.

Mengambil keputusan untuk bertindak dan mencoba mencari solusi adalah langkah yang tepat. Jika kita menemui kegagalan dalam percobaan kita ini, jangan langsung putus asadan berhenti berusaha. Ini hanyalah kegagalan sementara, yang merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap orang yang sedang melakukan perjalanan menjemput impian mereka.

Banyak sekali jalan yang tersedia, dan tugas kita hanyalah mencoba setiap jalan yang tersedia tersebut sampai kita menemukan jalan yang membuat kita menemukan solusi secepat mungkin. Jika gagal, coba lagi. Gagal lagi, coba lagi. 

Hanya cara inilah yang selalu dilakukan oleh orang-orang sukses yang pernah bangkit dari keterpurukan. Dan jangan lupa untuk berdoa, dan ajaklah Tuhan dalam setiap perjalanan kita ini.


5. Afirmasi.
Afirmasi itu mirip seperti doa. Afirmasi ini merupakan suatu penegasan atau pernyataan terhadap diri kita yang dapat mempengaruhi pikiran kita agar lebih menguatkan lagi motivasi, semangat, dan tindakan kita dalam mencapai tujuan yang kita inginkan.

Apa yang kita afirmasikan ini haruslah menguasai alam bawah sadar kita yang akan menguasai secara otomatis pikiran dan tindakan kita. Tentunya afirmasi yang kita lakukan haruslah afirmasi positif yang merupakan perwujudan impian yang ingin kita jemput.

Tidak semua orang bisa melakukan afirmasi ini karena kecenderungan kebanyakan orang saat terpuruk adalah menjadi galau dan terlalu banyak berpikir negatif.

Berpikir sesuatu yang lebih buruk akan terjadi pada dirinya, dan membuat mereka malah menempatkan banyak rintangan dan hambatan di jalan yang akan mereka lalui, yang akhirnya memperlambat kecepatan mereka untuk bertindak mencari solusi.


6. Tolak ukur.
Selalu jadikan diri kita yang sebelumnya sebagai tolak ukur kita. Jangan terlalu banyak menggunakan orang lain untuk menjadi tolak ukur saat terpuruk, karena biasanya malah akan membuat mental kita semakin jatuh dan semakin membuat motivasi kita terjun bebas.

Kita hanya perlu membandingkan bagaimana kita sebelumnya, dan apakah saat ini pencapaian kita lebih baik dari sebelumnya.

Jika kita menjadi lebih baik dari sebelumnya, maka itu yang paling penting. Karena setiap kegagalan dan keterpurukan itu sifatnya hanya sementara, selama kita mau bangkit dan bertindak mencari solusi untuk mengatasi tantangan yang hadir di hadapan kita.

Dan tentunya kegagalan dan keterpurukan itu kita alami untuk memberi kita kesempatan belajar dan menimba pengalaman berharga, serta agar kita selalu merasa bersyukur saat merasakan kesuksesan nantinya.


7. Percaya rencana Tuhan selalu yang terbaik.
Saat rencana kita kita tidak berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, dan akhirnya membuat kita terjatuh dan terpuruk di dasar, kebanyakan orang akan berpikir bahwa ini adalah hukuman dari Tuhan, atau berpikir bahwa Tuhan tidak berpihak pada kita.

Satu hal yang ingin saya ingatkan disini bahwa kehidupan itu seperti roda, ada saat diatas dan ada saat dibawah. Kita tidak pernah tahu kapan kita akan diatas dan kapan kita akan dibawah, karena seperti yang kita sudah bahas sebelumnya bahwa ketidakpastian itu milik Tuhan.

Yang perlu kita lakukan hanyalah berusaha dan berdoa, dan haruslah seimbang antara doa dan usaha tersebut. Selalu mensyukuri apa yang terjadi di dalam kehidupan kita.

Saat kita di atas memang lebih mudah untuk bersyukur, namun saat terpuruk kita harus tetap bersyukur karena ini adalah bagian dari rencana Tuhan untuk memberi kita rencana kehidupan yang lebih baik lagi dari keadaan kita saat ini, dan pastinya lebih baik dari rencana kita yang tidak berjalan sesuai harapan tersebut.

Intinya adalah kita harus percaya dan berpikir positif akan semua rencana Tuhan.


Selama hidup saya, saya mengalami beberapa kali saat-saat sulit, yang beberapa diantaranya membuat saya terpuruk. Pilihan saya saat itu adalah membuat diri saya makin terpuruk atau bangkit dan berjuang untuk kondisi yang lebih baik.

Dari pengalaman tersebut, saya menemukan suatu pola dimana kesuksesan itu hadir setelah kita mengalami tantangan hidup yang paling hebat.

Jika kita bisa bertahan dan tetap berjuang secara fisik dan mental saat menghadapi tantangan tersebut, maka pada akhirnya kita akan bisa mengatasi tantangan tersebut.

Saat kita berhasil mengatasi tantangan, maka sesuatu yang kita temui setelah itu adalah sesuatu yang menjadi impian dan tujuan kita.

Demikian 7 Cara Tetap Semangat dan Berpikir Positif Saat Terpuruk yang bisa saya bagi disini. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi teman-teman yang sedang mengalami saat-saat yang penuh tantangan dalam hidup.

Terpuruk, sedang down, dan berada di bawah bukanlah kondisi permanen jika kita memiliki kemauan untuk bangkit dan berjuang. Lagipula, saat kita berada di bawah, tidak ada pilihan lain selain naik ke atas, bukan?
 

Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

12 comments:

  1. Sekarang saya suka menulis untuk menjaga pikiran dan perasaan tetap positif. Ya walaupun tulisannya kadang ngawur, tidak runtut...

    Selain itu tentunya banyak membaca. Ada banyak bacaan yang membuat diri ini bersemangat kembali.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus banget nih.. langsung berasa semangat lagi abis baca artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih. Semoga bermanfaat. :)

      Delete
  3. kalo bisnis sedang mengalami keterpurukan memang selalu dihantui negatif thinking seperti yang saya alami baru-baru ini. dulu waktu sebelum menikah saya dan istri saya yang sekarang alhamdulillah mau beli apa aja mudah sekali, beda dengan sekarang mungkin karena sekarang saya lebih memilih tidak tinggal dengan oraang tua jadi saya baaru kali ini belajar menafkahi istri dan anak saya yang baru berusia 3 bulan. mungkin saya akan mencobaa tipsnya karena akhir2 ini saya dihantui pikiran negatif dengan keterpurukan sekarang :)

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip