Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

7 Tips Cerdas Mencari Core Team

Apa itu Core Team? 
Core Team adalah sebuah Tim Inti yang dibangun karena memiliki visi dan misi yang sama, jiwa dan semangat yang sama, arah dan tujuan yang sama, komitmen dan dedikasi yang sama, mau bekerjasama, dan sama-sama mau bekerja mencapai tujuan bersama. Apa yang menjadi tujuan bersamanya? Tujuan bersamanya yaitu meraih keberhasilan dan kesuksesan.

7 Tips Cerdas Mencari Core Team

Siapa saja yang bisa bergabung dengan Core Team? 
Orang-orang yang bergabung dalam Core Team adalah Orang-Orang Terpilih, dan bukan yang asal pilih.

Bergabung dengan Core Team memiliki arti bahwa kita sebagai individu akan bekerja bersama-sama secara tim, menuruti aturan yang ditetapkan dalam tim, dan bergerak dengan arah, tujuan, serta kecepatan yang telah ditentukan oleh tim. 

Apa fungsi Core Team? 
Fungsi Core Team yang paling utama adalah sebagai “kereta cepat” yang akan membawa seluruh tim merelalisasikan percepatan pencapaian tujuan.

Jadi bagaimana cara terbaik mencari Core Team ini?

Berikut ini adalah 7 Tips Cerdas Mencari Core Team: 

1. Carilah yang Menyenangkan diajak Bekerja Sama. 
Ini adalah kriteria pertama dan paling utama sebelum masuk ke dalam kriteria lain yang harus dipertimbangkan lebih dahulu. Bekerja dengan orang-orang yang menyenangkan diajak bekerjasama akan menambah tenaga kita berkali-kali lipat dalam melakukan pekerjaan kita. Aura positif selalu hadir dalam tim, kebersamaan dan kekeluargaan selalu terasa didalam tim, dan yang pasti bekerja dengan orang-orang seperti ini membuat mood dan semangat kerja kita selalu tinggi.

Menyenangkan diajak bekerjasama itu bukan memiliki artian bekerjasama saat senang saja, namun disaat senang ataupun susah orang-orang ini akan selalu memberikan bantuan dan support bagi tim, dan selalu mementingkan kepentingan tim diatas kepentingan pribadinya.

2. Carilah yang dapat Melengkapi kita. 
Kenapa disini kita menggunakan kata melengkapi? Karena setiap individu pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan. Yang kita cari disini adalah orang-orang yang dapat melengkapi kekurangan atau kelemahan kita yang merupakan kelebihan atau kekuatan mereka. Dengan memiliki orang-orang seperti ini, kita bisa memiliki kesempatan belajar secara konsisten dari mereka bagaimana sebaiknya mengatasi kelemahan kita dan mendapatkan ide-ide serta strategi-strategi baru.

Jadi sebelum kita mencari orang-orang yang dapat melengkapi kita, sebaiknya kita mengevaluasi dulu diri kita sendiri untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan kita, sehingga kita bisa fokus pada kriteria orang-orang tertentu.

3. Carilah yang dapat Menyeimbangkan tim. 
Isilah tim kita dengan orang-orang yang memiliki beragam keahlian dan pengetahuan, serta beragam gaya kerja. Jangan sampai tim kita lebih banyak diisi orang-orang yang suka bekerja sendiri saja, atau orang-orang yang lebih suka online saja, atau orang-orang yang suka offline saja, atau orang-orang yang hanya bisa memberi ide saja tanpa tindakan. Jika hal ini terjadi, maka kekuatan tim kita menjadi tidak seimbang karena hanya memiliki satu hal yang dominan. Dan ketidakseimbangan ini akan menjadi malapetaka bagi kita jika menghadapi tantangan, yang ternyata menantang hal yang tidak dominan di tim kita. Kita membutuhkan orang-orang yang saling memberikan ide-ide yang beragam, kita membutuhkan keputusan tim yang tidak mengorbankan pilihan yang paling optimal dan inovatif.

Kita perlu berhati-hati terhadap tim kita jika terlalu mudah diatur dan terlalu mudah menyetujui keputusan. Apalagi ketika terjadi perbedaan pendapat yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk di diskusikan lebih lanjut dengan fakta-fakta yang jelas, namun banyak yang mengalah karena tidak enak atau takut yang bersangkutan tersinggung atau atas nama solidaritas atau alasan-alasan lainnya. Ini berarti tim kita sudah menjadi salah satu korban fenomena Groupthink. Nah keputusan yang diambil dari tim yang berisikan orang-orang seperti ini biasanya menghasilkan keputusan yang bisa membawa bencana bagi tim.

4. Carilah yang memiliki Kekuatan Berkompetisi. 
Orang-orang yang memiliki kekuatan berkompetisi sebagian besar memiliki semangat kerja yang selalu tinggi. Sebagai pemimpin tim, kita harus bisa mengakomodasi orang-orang seperti ini lewat dialog atau diskusi. Alokasikan waktu kita untuk melakukan dialog atau diskusi tersebut, karena jika tidak difasilitasi, tim kita mungkin bisa menjadi korban Groupthink, atau tim kita bisa bubar karena masing-masing merasa yang paling benar. Sebagai pemimpin tim, kita juga harus terus menghidupkan dan mengontrol suasana kompetisi didalam tim.
Suasana kompetisi yang membuat tegang namun menyenangkan dapat berdampak positif dengan memunculkan ide-ide atau inspirasi baru.
5. Carilah yang Berani Mengambil Resiko. 
Orang-orang yang berani dan nyaman mengambil resiko adalah orang orang yang tidak pernah takut gagal, orang-orang yang tidak pernah nyaman dengan status quo atau keadaan yang sama saja dan gitu gitu saja, yang nyaman dengan konflik positif suatu perbedaan pendapat. Orang-orang seperti ini biasanya adalah orang-orang kreatif yang selalu berusaha memunculkan ide-ide atau inspirasi-inspirasi baru. Orang–orang seperti ini memahami benar bahwa kesuksesan itu perlu proses, dan mereka mau menjalani prosesnya. Sebagai pemimpin tim, tugas kita hanya mengarahkan agar keseluruhan prosesnya selalu dalam jalur yang positif.

6. Carilah yang memiliki Orientasi pada Hasil. 
Orang-orang yang selalu memiliki orientasi pada hasil adalah orang-orang yang sangat miskin alasan dan tidak kreatif mencari alasan, namun sangat kaya akan alternatif atau pilihan solusi dan kreatif dalam mencari ide atau inspirasi serta jalan keluar terbaik jika menghadapi tantangan.

Orang-orang seperti ini juga selalu optimis dapat berhasil mencapai tujuan walaupun kadang masalah datang bertubi-tubi, namun meraka tidak pernah berhenti sekalipun. Orang-orang seperti ini tidak perlu disuruh-suruh lagi, diingatkan atau diberi reminder setiap saat, karena mereka memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang terbaik bagi tim. Orang-orang seperti ini adalah orang-orang yang paling memahami apa yang menjadi impian dan tujuannya, dan mereka percaya bahwa mereka dapat mencapainya dengan melakukan pekerjaannya dengan baik dan dengan berada di dalam lingkungan yang benar.

7. Carilah yang mau Belajar dan melakukan Duplikasi Tanpa Alasan. 
Salah satu tujuan dibentuknya Core Team adalah untuk mengumpulkan Orang-Orang Terpilih yang memiliki Potensi menjadi Leader atau Pemimpin, mendidik dan menggembleng mereka, dan pada akhirnya membuat mereka menjadi Leader-leader atau pemimpin-pemimpin yang sesungguhnya.

Pemimpin yang sesungguhnya adalah pemimpin yang tercipta melalui proses pembentukan dan tempaan, pemimpin yang memiliki visi dan misi yang jelas, pemimpin yang memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi, pemimpin yang berani dan bertanggungjawab, pemimpin yang dapat memberi motivasi dan inspirasi, pemimpin yang bisa menyatukan segala keberagaman anggotanya menjadi kekuatan tim, dan tentunya pemimpin yang disegani dan dihormati, bukan yang ditakuti.

Semua tentang pemimpin yang sesungguhnya ini haruslah kita miliki terlebih dahulu, karena hal tersebut adalah modal kita membentuk dan membangun Core Team. Orang-orang mau bergabung dengan tim kita karena melihat beberapa hal seperti siapa kita, bagaimana cara kerja, dan bagaimana hasil kerja kita.

Dari hal tersebut, jika mereka tertarik maka pastinya mereka akan bersedia menjadi bagian dari tim kita. Dengan menjadi bagian dari tim kita tentunya mereka memiliki harapan agar bisa menjadi seperti kita nantinya, seorang pemimpin tim yang sukses. Dan jika ternyata visi dan misi mereka sama dengan kita, maka secara otomatis mereka akan patuh dan mau melakukan apa saja yang kita sarankan dan instruksikan kepada mereka tanpa banyak alasan.

Demikianlah 7 tips cerdas mencari Core Team yang bisa saya bagi dan dapat teman-teman pelajari serta aplikasikan dalam pekerjaan teman-teman baik sebagai seorang karyawan ataupun pebisnis. Mudah-mudahan apa yang dijelaskan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan percepatan pencapaian tujuan teman-teman sekalian.



Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

1 comment:

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip