Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

2 Cara Membuat Kita Jadi Pilihan Prospek

Cara membuat kita jadi pilihan prospek memiliki arti bagaimana membuat prospek tertarik pada apa yang kita tawarkan.


Cara membuat prospek tertarik pada apa yang kita tawarkan memiliki arti bagaimana cara kita membuat pesan yang disampaikan dapat menggugah hati prospek.

Cara membuat pesan yang disampaikan dapat menggugah hati prospek memiliki arti bagaimana kita membuat suatu pesan tentang solusi atas masalah atau kebutuhan yang dimiliki oleh prospek.



Pernyataan tersebut merupakan landasan dasar bagi para pebisnis atau pengusaha untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan penjualan. Namun sayangnya tidak banyak yang tahu tentang hal ini. Dan kalaupun tahu tentang hal ini, kebanyakan dari mereka tidak mengerti cara menerapkannya pada proses penjualan.



2 Cara Membuat Kita Jadi Pilihan Prospek


Pebisnis juga merupakan seorang penjual. Bagi seorang penjual, kebanggaan akan perusahaan, produk, jasa, atau peluang bisnis yang ditawarkannya merupakan sesuatu yang dapat meningkatkan semangat dan menunjang proses penjualan. Dan kebanyakan, pada saat kita menawarkannya kepada prospek, kita menceritakan kebanggaan kita dan kenapa kita bisa bangga  terhadap semuanya itu dengan penuh antusias. Benar tidak?

Jika kita menjawab "Benar", maka itu adalah kesalahan fatal kita yang perlu segera diperbaiki.
Lah kok kesalahan? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita lakukan intropeksi dengan 3 pertanyaan berikut:
1. Apakah bisnis saya berkembang dengan pesat dari saat mulai sampai saat ini?
2. Apakah banyak prospek baru yang tertarik dengan produk, jasa, atau peluang yang saya tawarkan?
3. Apakah pengusaha sukses juga menggunakan cara yang sama dengan yang kita lakukan?

Jika jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut lebih banyak "Tidak", maka berarti kita menyadari bahwa ada yang salah dengan cara kita menawarkan produk, jasa, atau peluang tersebut.

Banyak pelajaran dan pelatihan tentang penjualan yang mengajarkan bagaimana cara menjual terbaik yaitu dengan menceritakan tentang perusahaannya, produknya, jasanya, dan peluangnya dengan detil kepada prospek. Lalu setelah itu mereka membiarkan prospek untuk menganalisa sendiri apakah yang ditawarkan oleh kita tersebut bermanfaat atau tidak bagi mereka. Sebagian prospek tidak suka menganalisa sendiri. Mereka lebih suka mengerti sesuatu itu bermanfaat atau tidak bagi mereka pada saat pertama kali mereka mendapatkan penawaran dari kita

Satu hal penting yang perlu diingat terus oleh kita, bahwa Prospek Tidak Akan Pernah Peduli akan Perusahaan, Produk, Jasa, atau Peluang yang kita tawarkan kepada mereka selama semua itu bukan merupakan Solusi untuk Masalah atau Kebutuhan mereka. Apalagi tentang perasaan bangga kita terhadap semuanya itu, mereka sudah pasti lebih tidak peduli lagi dengan hal ini.

Yang Prospek pedulikan hanya Diri Mereka Sendiri. Bagaimana cara membuat hidup senang, cara membuat kebutuhan terpenuhi, dan bagaimana cara membuat hidup bebas dari masalah.

Di dunia ini banyak sekali produk, jasa, atau peluang yang ditawarkan pebisnis lain yang mirip-mirip atau bahkan sama persis dengan apa yang kita tawarkan. Kompetisi atau persaingan dalam bisnis tidak bisa dihindari, justru hal tersebut yang menjadi seni berbisnis, yang membuat masing-masing pelaku bisnis menjadi lebih kreatif dalam membuat dan memasarkan produk, jasa, atau peluang yang mereka ingin tawarkan. Dan dalam tahap lebih lanjut, kreatifitas tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para prospek.

Ada 2 cara membuat kita jadi pilihan prospek dalam kompetisi bisnis yang serba ketat ini, yaitu:

1. Memastikan bahwa kita bisa memberikan solusi terbaik atas kebutuhan prospek.
Prospek akan membuat keputusan untuk memilih kita jika mereka yakin bahwa kita adalah seseorang yang tepat, yang bisa memberi solusi terbaik atas masalah atau kebutuhan mereka.

Dalam membuat keputusan, ada prospek yang membutuhkan waktu sebentar ada juga yang butuh waktu lama dengan berbagai macam pertimbangan. Tugas kita yang paling penting saat berkomunikasi dengan prospek adalah banyak mendengarkan dan mencari tahu apa saja yang dibutuhkan prospek, serta kapan mereka membutuhkannya. Dan setelah itu, baru kita lihat apa yang kita miliki yang bisa menjadi solusi terbaik bagi kebutuhan prospek tersebut.

2. Memastikan bahwa kita bisa memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki oleh pesaing lain.
Jika misal kita adalah seorang pebisnis yang menawarkan peluang menjadi rekanan bisnis bagi bisnis kita yang akan kita kembangkan di daerah-daerah lain di Indonesia. Mungkin banyak sekali pesaing yang sudah memberikan penawaran serupa kepada prospek, namun kita bisa memastikan bahwa kali ini prospek akan tertarik untuk menjadi rekanan bisnis kita dengan memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki oleh pesaing lain. Misal dengan menjadi rekanan bisnis kita, prospek akan memiliki akses kapanpun untuk menghubungi kita secara langsung jika membutuhkan bantuan kita dalam pengembangan bisnis, prospek akan mendapatkan bimbingan langsung dari kita bagaimana cara menjalankan bisnis, termasuk memberikan pengarahan atau training kepada tim kerjanya, prospek akan mendapatkan bantuan distribusi produk dari kita jika di daerahnya tersebut mengalami stok produk yang kosong, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain yang bisa menjadi pembeda kita dengan pesaing kita.

Kalau kita lihat kedua cara tersebut, sebenarnya esensi dari seorang penjual itu adalah membantu prospek menemukan solusi atas kebutuhannya. Jadi seharusnya dalam menawarkan suatu produk, jasa, atau peluang kepada prospek, kita hanya perlu fokus pada apa yang dibutuhkan prospek dan nilai tambah apa yang mereka dapatkan jika mereka memilih kita sebagai solusi atas kebutuhan mereka, karena hanya hal itu yang membuat prospek tertarik atas tawaran kita.

Demikian 2 cara membuat kita jadi pilihan prospek di dalam kompetisi bisnis yang serba ketat ini. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian yang memiliki bisnis dan ingin meningkatkan perkembangan bisnisnya lebih cepat dari sebelumnya. 


Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip