Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

5 Rahasia Mencari Orang yang Tepat dalam Bisnis

Mencari Orang yang Tepat dalam Bisnis adalah suatu hal yang memiliki tantangan tersendiri. Orang yang Tepat akan membuat bisnis kita semakin tumbuh dan berkembang.

5 Rahasia Mencari Orang yang Tepat dalam Bisnis

Dengan segala keterbatasan yang kita miliki seperti waktu, tenaga, tempat, dan dana, maka penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana Rahasia Mencari Orang yang Tepat dalam Bisnis yang sedang kita jalankan, sehingga apa yang kita lakukan dapat juga tepat pada sasaran yang diinginkan.

Ada 5 Rahasia Mencari Orang yang Tepat dalam Bisnis, yaitu:

1.
Mencari tahu Siapa yang akan menjadi Target Prospek kita.
Pengertian prospek dalam dunia bisnis adalah kenalan atau relasi yang akan menjadi pelanggan kita, atau yang akan kita ajak bekerjasama menjalankan bisnis.
 
Ini merupakan tahapan yang paling penting dalam menemukan Orang yang Tepat dalam Bisnis kita. Apakah orang tersebut akan cocok menjadi partner bisnis kita atau lebih cocok menjadi pelanggan kita.

Menentukan target prospek kita, akan sangat membantu dalam proses menemukan orang yang tepat, karena hal ini dapat memastikan kita tidak membuang-buang waktu, dan juga tidak membuang-buang waktu orang lain yang tidak tertarik terhadap produk atau peluang bisnis yang kita tawarkan.

Cara yang paling mudah dalam menentukan target prospek kita adalah dengan memahami apa yang menjadi tujuan pemasaran kita.
Apakah kita ingin fokus kepada masyarakat umum yang tidak tahu bahwa ada produk yang berkualitas hadir di pasaran?
Apakah kita ingin fokus meningkatkan kesadaran orang lain bahwa bisnis yang kita jalankan merupakan bisnis yang menjanjikan yang dapat memberikan percepatan rezeki?
Apakah kita ingin fokus kepada orang-orang yang sudah mengetahui produk kita dan ingin lebih meyakinkan dan meningkatkan loyalitas mereka?
Apakah kita ingin fokus kepada orang-orang yang berada pada segmen industri atau bisnis yang sama, namun masih mencari-cari yang paling cocok dan tepat buat mereka?


2. Menyesuaikan Kalimat dan Gaya Bahasa yang digunakan.
Menggunakan kalimat dan gaya bahasa yang sama kepada seseorang yang baru lulus SMA yang belum memiliki pengalaman kerja, dan kepada seorang pensiunan yang memiliki pengalaman bekerja puluhan tahun, adalah suatu keputusan yang kurang bijaksana.

Berikan usaha lebih dengan membuat penyesuaian gaya bahasa dan gaya bicara menurut orang yang akan kita ajak berkomunikasi, agar apa yang menjadi tujuan kita berkomunikasi dengan mereka tercapai.

Misal kita ingin menawarkan peluang bisnis kepada seseorang yang baru saja lulus SMA dan ingin meneruskan ke bangku kuliah. Hal-hal yang menarik minat mereka biasanya bagaimana mereka bisa mendapatkan uang lebih untuk membeli baju baru yang akan digunakan saat kuliah nanti. Atau bahkan bagaimana mereka bisa memiliki dana untuk meneruskan kuliah karena keadaan ekonomi keluarganya yang tidak memungkinkan.

Dan pada kondisi lain, dimana yang kita ajak berkomunikasi adalah seorang pensiunan atau seorang karyawan yang akan mendekati masa pensiun. Kita tahu kebanyakan dari orang-orang yang berprofesi sebagai karyawan memiliki ketakutan akan tidak memiliki penghasilan saat pensiun nanti.

Maka tentunya kalimat dan gaya bahasa kita juga disesuaikan dengan apa yang menjadi minat mereka, yaitu memberikan solusi atas permasalahan mereka, yang dalam hal ini ketakutan tidak memiliki penghasilan saat masa pensiun nanti.

 
3. Melakukan Follow Up setelah komunikasi pertama.
Follow up atau tindak lanjut sangat penting dilakukan, namun penting juga untuk tidak bersikap menyebalkan.

Kita tahu bahwa usaha kita menemukan orang yang tepat dan usaha kita menyesuaikan gaya bahasa dan gaya bicara saat berkomunikasi tidaklah mudah, maka apa yang sudah kita lakukan sebelumnya hendaknya di tindak lanjuti, agar apa yang sudah dilakukan sebelumnya tidak sia-sia, dan tentunya bisa membuat tujuan tercapai.

Satu hal yang perlu kita ingat bahwa prospek tidak akan pernah menghubungi kita lebih dulu. Dalam kehidupan prospek setelah berkomunikasi dengan kita pertama kali, akan banyak sekali hal yang terjadi yang dapat membuat mereka lupa akan kita dan penawaran kita.

Tugas kita adalah menempatkan kembali penawaran kita ke dalam pikiran prospek, tepatnya menjadikannya prioritas terdepan dalam pikiran prospek saat itu.

Caranya yaitu dengan mengingatkan mereka bahwa kita dan produk atau peluang bisnis yang kita tawarkan masih ada, dan kita masih tertarik untuk bekerjasama dengan mereka. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kita terlalu memaksa.

Memaksakan kehendak kepada prospek hanya akan menghasilkan perasaan sebal mereka kepada kita, dan malah akan memberikan hasil yang tidak sesuai dengan tujuan kita.


4. Memanfaatkan Waktu sebaik-baiknya.

Pada saat kita melakukan pertemuan offline, apakah itu pertemuan pertama kali atau sebuah follow up, kita perlu benar-benar merancang dan menjadwalkan seluruh kegiatan kita pada hari tersebut.

Jika kegiatan hari itu hanya untuk pertemuan offline, maka rancanglah bagaimana kita bisa memaksimalkan waktu yang kita miliki untuk melakukan pertemuan offline lainnya dengan prospek-prospek kita yang lain, yang memang membutuhkan pertemuan offline.

Menggunakan waktu secara efisien saat pertemuan offline dengan memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus akan memberi kita percepatan dalam menyelesaikan pekerjaan kita.

Caranya yaitu dengan menjadwalkan pertemuan offline ini dengan prospek-prospek lainnya pada hari dan lokasi yang sama. Atau jika tidak memungkinkan di lokasi yang sama, maka analisa kembali apakah waktu dan lokasi bertemu yang mereka inginkan masih memungkinkan untuk disetujui melihat waktu yang tersedia pada hari itu.


Orang yang Tepat biasanya akan menghargai dan menghormati usaha yang kita lakukan dalam mengundang mereka untuk bertemu. Dan biasanya mereka juga akan mengusahakan agar dapat memenuhi undangan kita untuk bertemu. Hal ini juga menunjukkan bentuk profesionalitas dan kualitas yang ada pada diri seseorang.


5. Mengutamakan Bersikap Sopan dan Ramah.
Banyak dari kita yang hanya fokus terhadap hasil dan target yang harus kita capai, sampai-sampai kita melupakan bahwa kita berinteraksi dengan sesama manusia yang memiliki perasaan.

Jadi penting sekali agar kita tetap bersikap sopan dan ramah kepada prospek, walaupun mungkin pada akhirnya prospek tersebut tidak menerima tawaran kita.

Kebanyakan prospek menyetujui apa yang kita tawarkan bukan karena mereka butuh produknya, atau peluang bisnisnya, namun lebih melihat akan siapa yang menawarkan dan bagaimana cara mereka menawarkannya.


Apakah kita dapat dipercaya dan bukan sebaliknya yang akan menjerumuskan prospek, apakah kita dapat memberi solusi atas masalah atau kebutuhan mereka, apakah kita mendengarkan saat mereka berbicara, dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang perlu kita tanyakan pada diri sendiri agar kita dapat menjadi prioritas pilihan prospek.

Sikap yang sopan dan ramah tanpa memandang bulu akan membuat propsek memiliki rasa hormat dan simpati kepada kita karena mereka juga merasa dihormati dan dihargai oleh kita.

Jika saat itupun mereka menolak tawaran kita, tidak apa-apa. Karena suatu saat mereka membutuhkan produk atau peluang bisnis yang kita tawarkan, maka bersiaplah kalau kita akan menjadi orang yang pertama yang akan mereka hubungi.

Tidak berhenti sampai disitu, jika ada rekan atau keluarga mereka yang membutuhkan produk atau peluang bisnis yang kita tawarkan, mereka juga tidak segan untuk mereferensikan kita kepada rekan atau keluarganya tersebut.


Sikap yang baik seperti berlaku sopan dan ramah, hanya akan mengundang orang-orang yang baik juga ke dalam kehidupan kita. Dan salah satu kepribadian yang dimiliki oleh Orang yang Tepat adalah memiliki sikap yang baik, menghargai dan menghormati orang lain.


Demikian 5 Rahasia Mencari Orang yang Tepat dalam Bisnis yang dapat saya bagi disini. Mudah-mudahan dapat membantu teman-teman semua dalam melakukan pencarian.

Jika ingin tahu bagaimana kita bisa menjadi pilihan prospek, silahkan cek artikel 2 Cara Membuat Kita Jadi Pilihan Prospek.


Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip