Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

7 Tips Cerdas Menggunakan Akun Linkedin

Sudah pernah dengar tentang Linkedin? Linkedin merupakan salah satu dari sekian banyak media sosial yang kita kenal seperti Facebook, Google+, Twitter, namun memiliki konsep yang berbeda.

Linkedin adalah media sosial yang konsepnya diperuntukkan untuk para kalangan profesional, seperti para eksekutif dan karyawan perusahaan, para pebisnis atau pengusaha, bahkan juga ada para pencari kerja dan para headhunter.

Headhunter (executive search) adalah jasa konsultan yang baik berupa perusahaan maupun perorangan, yang digunakan oleh klien yang merupakan perusahaan untuk mencari kandidat karyawan atau pegawai dari kalangan profesional yang memiliki keahlian khusus yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
7 Tips Cerdas Menggunakan Akun Linkedin
Manfaat Linkedin seperti yang umumnya diketahui oleh para profesional adalah untuk menghubungkan para profesional di seluruh dunia dalam rangka berdiskusi tentang topik-topik yang berkaitan dengan keahliannya, mendapatkan informasi terbaru yang berkaitan dengan profesi dan keahlian yang dimiliki.

Hal ini termasuk pengetahuan-pengetahuan terbaru, dan yang paling sering terjadi adalah ajang membangun hubungan mutualisme profesional antara para profesional dengan para konsultan pencari kandidat dari kalangan profesional, serta membangun hubungan bisnis antar para pelaku bisnis atau usaha.
 
Manfaat Linkedin memang besar sekali dalam meningkatkan usaha kita untuk mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik, peluang bisnis yang lebih besar, atau sebagai salah satu referensi meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan profesi dan keahlian kita.

Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan akun linkedin, yang tidak bisa disamakan dengan saat kita menggunakan media sosial yang lain.

Berikut 7 Tips Cerdas Menggunakan Akun Linkedin agar manfaat dari media sosial ini bisa di maksimalkan:

1. Buatlah Profil kita Menarik dan Memberikan Kesan yang Bagus.

Karena Linkedin konsepnya untuk kalangan profesional, maka profil kita yang seperti curriculum vitae itu yang menjadi hal pertama yang dilihat oleh orang lain. Jika orang tersebut belum pernah kita kenal atau temui sebelumnya, maka profil kita adalah salah satu yang menjadi bahan penilaian orang tersebut tentang kita.

Dan disini diperlukan kesan awal yang bagus bagi orang lain, sehingga orang lain yang melihat profil kita akan memiliki pandangan positif kepada kita, dan mungkin saja tertarik masuk dalam salah satu jaringan pertemanan profesional kita.


2. Buatlah Image atau Personal Brand kita secara Profesional.
Image atau Personal Brand adalah identitas diri yang kita ciptakan yang berasal dari kepribadian asli kita yang lebih baik. Maka dari itu kita harus memperlakukannya secara profesional seperti layaknya merek-merek produk terkenal.

Dengan membangun image yang bagus maka akan memberikan suatu pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi orang lain yang berhubungan dengan kita, sehingga bisa menciptakan hubungan yang terus menerus berkesinambungan.

Yang perlu diingat, Linkedin adalah tempat para profesional, maka jagalah jangan sampai kita menggunakan akun Linkedin untuk posting sesuatu yang bersifat pribadi seperti membicarakan hal-hal yang tidak profesional, membicarakan perasaan kita, ataupun dipakai untuk galau-galauan.


3. Bersikap Sopan dan Ramah, serta tetap menjaga Etika Profesionalitas.
Pastikan bahasa yang kita gunakan pada saat melakukan interaksi sosial dengan orang lain di Linkedin adalah bahasa formal. Tidak perlu kaku walaupun harus menggunakan bahasa formal, yang penting pada saat kita melakukan interaksi sosial apakah itu chat ataupun mengirim pesan, perlihatkan ketulusan dan keramahan kita lewat bahasa yang kita gunakan, sehingga orang yang menerima pesan kita mengetahui keramahan dan ketulusan hati kita.

Pastikan juga kita selalu melakukan komunikasi secara berkala kepada masing-masing orang di jaringan pertemanan profesional kita. Hal itu bisa dilakukan, seperti misalnya ada yang mendapatkan promosi di tempat kerjanya, maka kirimkanlah ucapan selamat atas promosinya.
Hal-hal sederhana semacam ini bisa memperkuat hubungan profesional kita.


4. Usahakan Bertemu Secara Langsung (Offline).
Dalam jaringan profesional Linkedin, bertemu secara langsung  (offline) masih sangat penting artinya. Karena biasanya jika sudah pernah bertemu offline, maka interaksi sosial kedepannya akan lebih mudah, karena biasanya dengan pertemuan secara offline dapat membangun hubungan yang lebih dalam, dan tentunya memberi kesan tersendiri yang tidak mungkin bisa didapat dari pertemuan secara online.

Jika hasil pertemuan positif, ada batasan-batasan yang bisa terbuka lebar setelah bertemu secara offline, yang tentunya dapat meningkatkan keberhasilan mencapai tujuan kita. Maka dari itu sebagian besar profesional yang menjalin interaksi sosial secara offline umumnya lebih berhasil mencapai tujuan dibanding yang hanya melakukan interaksi sosial secara online saja.


5. Memahami bahwa Tidak Semua profesional  Ingin Berinteraksi.

Terkadang profesional yang baru bergabung di Linkedin sangat bersemangat untuk membangun jaringan pertemanan profesional dengan para profesional lain di Linkedin. Apalagi jika sebelumnya sudah pernah menggunakan media sosial lain seperti Facebook atau Google+.

Memang untuk beberapa profesional yang tergabung di Linkedin ada yang memiliki keinginan yang sama untuk memiliki jaringan pertemanan profesional baru dengan orang-orang baru yang belum pernah dikenal dan ditemui sebelumnya.

Namun ada sebagian profesional tidak menyukai hal ini. Harus ada alasan kuat untuk membangun jaringan pertemanan profesional bagi mereka, karena mereka sangat ingin privasi mereka terjaga.

Nah hal seperti ini yang perlu diperhatikan oleh para profesional yang baru menggunakan akun Linkedin untuk pertama kalinya. Ada peraturan-peraturan dan etika-etika tidak tertulis yang perlu dipahami dan diikuti jika kita ingin membangun personal brand kita sekaligus jaringan pertemanan profesional kita di Linkedin.


6. Hindarilah Beriklan dan Spam saat berinteraksi.

Kebanyakan profesional di Linkedin tidak menyukai menerima informasi ataupun pesan yang mengiklankan sesuatu. Pada saat mereka mengerti bahwa pesan kita ataupun maksud kita untuk memiliki jaringan pertemanan profesional dengan mereka adalah untuk menjual sesuatu kepada mereka, maka kredibilitas dan image kita di mata mereka langsung hancur.

Apalagi jika pesan kita berupa spam yang mengiklankan perusahaan kita atau diri kita, maka akan banyak profesional-profesional yang menerima spam tersebut menolak untuk memiliki jaringan pertemanan profesional dengan kita. 

Pastikan orang lain mengetahui bahwa melakukan interaksi sosial dan membangun hubungan dengan mereka adalah sesuatu yang tulus, yang maksudnya bukan hanya untuk mendapatkan suatu pekerjaan atau bisnis baru. 

Untuk hal ini sebaiknya buat pesan khusus di bagian profil kita yang menginformasikan secara jelas apa yang menjadi pekerjaan kita dan fokus kita saat ini.


7. Maksimalkan keberadaan Grup-grup.
Cobalah untuk bergabung menjadi bagian dari sebanyak mungkin grup-grup di Linkedin, dibandingkan hanya fokus melakukan interaksi sosial atau saling berkirim pesan dengan satu atau beberapa orang dari jaringan pertemanan profesional kita.

Ikutlah melakukan interaksi sosial di dalam grup-grup tersebut dengan berpartisipasi aktif dalam memulai suatu diskusi dan atau merespon pertanyaan atau komentar dari anggota grup.

Pada kenyataannya, memperkenalkan diri di grup jauh lebih mudah daripada dengan para individu yang belum kita kenal, karena dengan berpartisipasi aktif maka secara otomatis kita memperkenalkan diri kita dan anggota grup tahu keberadaan kita di Linkedin, sekaligus mendemonstrasikan keahlian dan pengetahuan kita yang bisa saja membuat kesan bagus diantara anggota grup. 

Tentu pada akhirnya mereka akan tertarik untuk membangun jaringan pertemanan profesional dengan kita tanpa usaha yang lebih rumit seperti dengan para individu.


Demikian 7 Tips Cerdas Cara Menggunakan Akun Linkedin yang mungkin bisa memberi pencerahan bagi kita yang ingin aktif di Linkedin atau ingin membangun personal brand diantara para profesional.

Melihat manfaat yang ditawarkan oleh media sosial Linkedin ini, maka seharusnya dengan memaksimalkan penggunannya dengan memperhatikan tips-tips yang sudah dijelaskan sebelumnya, mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan kita bisa tercapai.


Detty Indriana
Senior Gold Director Oriflame Indonesia
Whatsapp 08129897914
SMS | Telp 08129897914
Linkedin : http://id.linkedin.com/in/dettyindriana

Inbox Facebook : https://www.facebook.com/dettyindriana1

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip