Inspirasi dan Motivasi Sukses Memiliki Penghasilan Pasif dengan Kerja Online

Mau Penghasilan Tambahan?

Fasilitas Autogate Bandara | Proses Imigrasi Selesai Kurang dari 5 Menit

Dalam artikel ini, saya ingin share tentang apa itu Fasilitas Autogate Bandara dan bagaimana cara menggunakannya bagi yang ingin bepergian ke luar negeri lewat Bandara atau Airport bagian penerbangan internasional.

Fasilitas Autogate Bandara ini pertama kali diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 25 Januari 2012 di Bandara Soekarno Hatta, yang merupakan tindak lanjut dari implementasi e-paspor yang sudah dimulai setahun sebelumnya.

Fasilitas Autogate Bandara - pic from google
Autogate ini adalah gerbang imigrasi otomatis yang merupakan fasilitas pemeriksaan paspor otomatis lewat mesin autogate. Jadi sekarang proses verifikasi paspor bisa lebih cepat, kita ngga perlu lagi tuh antri di loket imigrasi manual bandara yang seringnya memiliki antrian panjang dan sangat memakan waktu.

Saya menggunakan fasilitas ini pertama kali bulan lalu, tepatnya tanggal 19 September 2014, waktu saya dan 300 orang lainnya dari rombongan Oriflame Indonesia akan berangkat ke Barcelona, Spanyol. Jujur saja saya baru tahu kalau ada fasilitas ini dari salah seorang rekan yang ikut berangkat dan kebetulan memang beliau bekerja di luar negeri dan sering menggunakan fasilitas ini.

Nilai plus yang saya lihat dengan implementasi autogate ini adalah meningkatnya kualitas pelayanan publik, mempermudah dan mempercepat proses verifikasi paspor, serta meminimalisir interaksi langsung antara petugas dengan masyarakat yang dipercaya bisa mengurangi kemungkinan-kemungkinan pungli oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.
 
Kekurangannya adalah kurangnya sosialisasi akan adanya fasilitas autogate ini ke publik dan kurang ramahnya beberapa petugas registrasi autogate pada saat saya melakukan registrasi. Mungkin memang SOP-nya petugas harus tegas, namun menurut saya ada perbedaan jauh antara tegas dan tidak ramah ya. Saat itu saya hanya berpikir bahwa mungkin petugasnya lagi ada masalah dirumah kali ya, atau mungkin bete pas melihat banyak orang Indonesia yang pergi berlibur ke Eropa sementara mereka mungkin belum memiliki kesempatan seperti itu.. Mungkin lho yaaa.. mungkin.. :)
Syaratnya apa saja untuk dapat menggunakan fasilitas autogate ini?
1. Tahun penerbitan paspor minimal tahun 2011.
2. Masa berlaku paspor tidak kurang 6 bulan dari tanggal berakhirnya masa berlaku paspor.
3. Sudah melakukan registrasi e-paspor.
 
Bagaimana cara melakukan registrasi autogate?
Bagi yang belum teregistrasi walaupun tahun penerbitan paspor adalah tahun 2011 keatas, maka dapat melakukan registrasinya langsung di Bandara Soekarno-Hatta. Lokasi tepatnya ada di dekat area autogate.

Disana terdapat satu buah meja panjang dengan dua buah kursi, dua buah computer desktop, dua buah mesin untuk scan sidik jari, dan beberapa peralatan elektronik lainnya. Di meja ini juga terdapat dua orang petugas Imigrasi yang akan membantu kita dalam proses registrasi ini.

Proses registrasi autogate adalah sebagai berikut:

1. Paspor akan diminta oleh petugas untuk proses lebih lanjut. Situasinya sama persis seperti kita sedang menyerahkan paspor di loket imigrasi.

2. Paspor di cek, sambil sesekali petugas melihat wajah kita (mungkin untuk melihat kesamaan antara foto di paspor, foto di database Imigrasi, dan wajah asli kita).

3. Lalu petugas akan sedikit mewawancarai kita mengenai keperluan kita melakukan perjalanan luar negeri, berapa lama akan diluar negeri, negara apa saja yang akan kita kunjungi, dan kedepannya seberapa sering kita akan melakukan perjalanan luar negeri tersebut.

4. Jika tidak ada kendala, maka paspor kita akan di scan untuk diregistrasi di database e-paspor.

5. Kemudian kita akan diminta menaruh jari kita di mesin scanner untuk di scan sidik jarinya.

6. Setelah itu paspor dikembalikan oleh petugas ke kita. Sampai disini proses registrasi selesai.
Proses registrasi ini hanya sekali saja. Untuk selanjutnya jika kita ingin keluar negeri, kita bisa langsung menggunakan autogate tanpa harus melakukan proses registrasi ini kembali.

Dimana dan Bagaimana Proses Penggunaan Fasilitas Autogate ini?
Di area pengecekan paspor di Bandara, kita bisa langsung menuju area mesin autogate. Lokasinya persis bersebelahan dengan loket imigrasi untuk pengecekan paspor manual. Mesin autogatenya ada beberapa, jadi tidak perlu takut akan mengalami antrian seperti di loket manual.

Disini kita juga dilarang untuk menggunakan kacamata hitam, topi, cadar, atau segala sesuatu yang dapat menutupi wajah kita.

Di autogate, kita akan melihat 2 buah pintu otomatis. Pintu otomatis pertama sudah terbuka, dan pintu otomatis kedua masih tertutup. Pintu otomatis pertama akan tertutup jika pintu otomatis kedua terbuka, dam begitu pula sebaliknya.

Proses menggunakan fasilitas autogate ini adalah sebagai berikut:
1. Masuk Autogate. 
Kita dan barang bawaan untuk di kabin memasuki autogate. Lalu berdirilah sesuai petunjuk yang ada di lantai (ada gambar tapak kaki untuk petunjuk lokasi dan posisi berdiri). Kemudian ikuti petunjuk lewat suara di speaker dan petunjuk lewat tampilan di layar monitor kecil.

2. Scan Paspor.
Kita akan diminta untuk scan paspor dibagian halaman yang ada foto kita. Taruh paspor menghadap kebawah di area scan yang sudah ditentukan. Jika posisi menaruh paspor kurang tepat, maka proses scan tidak akan dimulai.

3. Scan Sidik Jari. 
Kemudian kita akan diminta melakukan scan sidik jari. Jari mana yang harus di scan dan posisi jari diberi petunjuk lewat suara dan layar monitor.

4. Scan Wajah.
Jika tidak ada masalah dengan hasil scan sidik jari, maka akan dilanjutkan dengan scan wajah. Disini kita diminta untuk menghadap ke kamera yang tersedia.

5. Keluar Autogate.
Jika proses scan wajah tidak ada kendala, maka pintu otomatis kedua akan terbuka diikuti dengan pintu otomatis pertama tertutup. Pastikan pintu terbuka sempurna baru kita dapat keluar dari autogate. Pastikan juga kita tidak lupa membawa barang bawaan kita keluar dari autogate, karena jika barang tertinggal maka pintu tidak akan menutup kembali.

Secara keseluruhan proses autogate ini memakan waktu kurang dari 5 menit. Sungguh cepat sekali bukan?


Oiya bagi Teman-teman yang suka banyak cap di paspornya dan ingin koleksi cap imigrasi, penggunaan autogate sangat tidak disarankan. Kenapa? Karena jika menggunakan fasilitas autogate ini tidak ada cap atau tanda apapun di dalam paspor kita.

Mudah-mudahan artikel tentang Fasilitas Autogate Bandara ini berguna bagi Teman-teman yang ingin bepergian ke luar negeri dan suka malas kalau ngantri lama di loket imigrasi.


Rofy Kurnia

1 comment:

  1. trus kalo gak ada capnya nanti petugas imigrasi di bandara kedatangan taunya kita dr jkt gmn dong?

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentarnya, Teman-teman. Mohon menggunakan bahasa yang baik dan sopan yaa.. Terima kasih.

Bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan?

Yuk Ikutan!

Katalog Terbaru

FB Fan Page Saya

Profil Linkedin Saya

Yuk, Jemput Impian Kita!

Terima kasih atas kunjungannya, Teman

Arsip